(30 OKTOBER 2023)
Topik: Permasalahan Remaja
Tema: Tawuran antar pelajar
Tujuan umum: Informatif
Tujuan kusus: Memberitaukan kepada pelajar agar tidak melakukan tawuran.
Aspek- aspek Informasi:
1. Penyebab terjadinya tawuran antar pelajar.
2. Dampak kasus permasalahan tawuran antar pelajar.
3. Contoh kasus tawuran antar pelajar.
4. Ajakan untuk para remaja agar tidak melakukan tawuran.
Assalamualaikum Wr.Wb
Yang terhormat Bapak H. Abdul Kadir, S.H., M.H selaku kepala Madrasah.
Yang terhormat bapak dan ibu guru MA Almaarif Singosari, juga teman-teman yang saya cintai.
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan rahmat-nya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di sini tanpa halangan suatu apapun. Kedua sholawat serta salam tak lupa kita hanturkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang telah membawa umat-nya dari zaman Jahiliyah menuju zaman Islamiyah.
Dan yang kita nantikan safaatnya di Yaumul kiamah nanti.
Aamiin aamiin ya rabbal ‘alamiin.
Pada kesempatan ini izinkan saya menyampaikan ceramah tentang "Tawuran di lingkungan remaja".
Teman-temanku sekalian, kita sudah mengetahui bahwa tawuran merupakan suatu hal yang sudah tidak asing di telinga kita. Lalu apa sebenarnya penyebab pertengkaran ini? Oke, tawuran adalah salah satu tindakan laki-laki yang ingin menunjukkan kekuatan yang di miliki dalam dirinya. Seorang yang melakukan tawuran ini memiliki kecenderungan kriminalnya sendiri. Seperti meliputi mengikuti hal-hal negatif, membuat geng, menggunakan senjata-senjata tajam, dll. Tawuran juga menimbulkan kerugian yang besar seperti terbunuh dalam pertengkaran, mengeluarkan banyak darah, merugikan orang lain, merugikan diri sendiri dan dapat merusak nama baik sekolah yang sedang dilakukan oleh siswanya tersebut.
Contohnya ada kasus tawuran yang menelan korban siswa yaitu siswa SMAN 70 Jakarta (Alawy Yusianto Putra) dan dilakukan oleh siswa dari SMAN 6 Jakarta. Diketahui kedua sekolah ini memang dari dulu sudah dikenal sebagai musuh yang turun menurun. Lalu apa yang sebenarnya menjadi penyebab dari permusuhan kedua sekolah tersebut? kenapa dari dulu selalu saja ada permusuhan? padahal setiap tahun siswanya ganti. Apakah itu sudah menjadi ciri khas atau bahkan kebiasaan, tidak ada yang mengetahuinya. Sejak dulu sudah banyak korban yang meninggal akibat tawuran, tetapi masih banyak pula pelajar yang tetap saja melakukan hal yang semestinya tidak mereka lakukan tersebut.
Hal seperti ini tentu tidak patut ditiru oleh siswa lainnya. Sebagai pelajar, kita tidak perlu meniru hal-hal seperti itu. Karena ini tidak ada untungnya bagi kita, kita tidak akan memperoleh ilmu atau pengalaman berharga apapun, bahkan kami tidak akan di bayar juga.
Teman-teman sekalian dari peristiwa diatas dapat disimpulkan bahwa tawuran itu perbuatan yang sangat merugikan orang lain dan juga diri kita sendiri. Dan selalu ingatlah kalian bahwa setiap perilaku kita diketahui oleh Allah SWT. Tidaklah kalian sadar tawuran itu dibenci oleh Allah. Maka dari itu kita harus waspada dan harus siap dengan perilaku yang baik dan sesuai dengan aturan yang ada. Jangan jadikan diri kita rendah karena perbuatan rendah seperti tawuran ini.
Baiklah teman-temanku sekalian mungkin hanya itulah ceramah yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk kita semua. Dan apabila ada ucapan yang kurang berkenan di hati anda semua, mohon dimaafkan.
Akhirukalam wabillahi taufiq wal hidayah.
Wassalamualaikum Wr.Wb
*Analisis Struktur:
- Pembuka: P1& P2
- Isi: P3-P5
- Penutup: P6&P7
*Analisis Aspek Kebahasaan
1.Kata ganti
-Kata ganti sapaan: teman-teman ,kalian, anda semuanya.
-Kata ganti orang pertama: Saya
-Kata ganti kelompok: kita
2.Kalimat Imperatif
- Larangan: Jangan jadikan diri kita rendah karena perbuatan rendah seperti tawuran ini.
3.Kata teknis/Istilah:
- Terbunuh: Perbuatan membunuh.
- Sadar: Merasa, tau, mengerti.
-Tawur: perkelahian beramai-ramai; perkelahian massal.
4.Kata Kerja Mental:
- Teman-temanku sekalian, kita sudah mengetahui bahwa tawuran merupakan suatu hal yang sudah tidak asing ditelinga kita.
- Seorang yang melakukan tawuran ini memiliki kecenderungan kriminalnya sendiri.
-Seperti meliputi mengikuti hal-hal negatif, membuat geng, menggunakan senjata-senjata tajam, dll.
-Contohnya ada kasus tawuran yang menelan korban siswa.
5.Kalimat Majemuk Bertingkat:
A. Hubungan waktu: Sejak dulu sudah banyak korban yang meninggal akibat tawuran, tetapi masih banyak pula pelajar yang tetap saja melakukan hal yang semestinya tidak mereka lakukan tersebut.
B. Hubungan perbandingan: Hal seperti ini tentu tidak patut ditiru oleh siswa lainnya.
C. Hubungan sebab:
-korban yang meninggal akibat tawuran.
- Karena ini tidak ada untungnya bagi kita, kita tidak akan memperoleh ilmu atau pengalaman berharga apapun, bahkan kami tidak akan di bayar juga.
D. Hubungan akibat: Maka dari itu kita harus waspada dan harus siap dengan perilaku yang baik dan sesuai dengan aturan yang ada.
E. Hubungan cara: dan harus siap dengan perilaku yang baik dan sesuai dengan aturan yang ada.
F. Hubungan kenyataan: padahal setiap tahun siswanya ganti. Apakah itu sudah menjadi ciri khas atau bahkan kebiasaan.
G. Hubungan penjelas: Dan selalu ingatlah kalian bahwa setiap perilaku kita diketahui oleh Allah SWT.
H. Hubungan atributif: harus siap dengan perilaku yang baik.
I. Hubungan lebih: Apakah itu sudah menjadi ciri khas atau bahkan kebiasaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar