Sabtu, 30 Maret 2024

MAKALAH AHMAD NABIL HUSAIN

 

Krisis Efektivitas Pendidikan di Sekolah MA Almaarif

  

 MAKALAH

 

 

 



 

 

 

 

 

Ditulis oleh

AHMAD NABIL HUSAIN

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

Puji syukur kehadirat Allah SWT, karena berkat limpahan rahmat dan karunia-Nya, penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Krisis Efektivitas Pendidikan di Sekolah MA Almaarif”.

  Dalam penyusunan skripsi, penulis tak lepas dari pihak-pihak yang telah membantu dari awal hingga skripsi dapat terselesaikan dengan baik. Oleh sebab itu, penulis mengucapkan terimakasih kepada:

1. Abdul Kadir, M.H selaku Kepala Sekolah MA Almaarif.

2. Indra Nurdianto, M.Pd, selaku Guru Bahasa  Indonesia.

3. Kedua orangtua saya yang tiada henti memberikan doa dan dukungan.

4. Teman-teman MA Almaarif  yang namanya tidak bisa disebutkan satu per satu. Terima kasih sudah memberikan kesan, motivasi, dan banyak cerita selama perkuliahan.

 Kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang konstruktif dari pembaca dan dari berbagai pihak demi komplet makalah ini di masa  depan. Akhir kata, semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kami sebagai penulis dan bagi pembaca pada umumnya.

 

Malang, 30 Maret 2024

 

 

Penyusun

 

 

 

  

DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR  ................................................  i  

DAFTAR ISI  .............................................................. ii 

 

BAB I PENDAHULUAN  ............................................  

A.    Latar Belakang  ................................................. 1

B.    Rumusan Masalah  ............................................ 2

C.    Tujuan Penulisan  ............................................. 2

BAB II PEMBAHASAN  ..............................................

A.     Krisis Efektivitas Pendidikan di Sekolah MA Almaarif...................................................................................... 3

B.     Mengatasi Kelamahan dan Tantangan di Sekolah ............................................................. 4

C.    Solusi Mencegah kelemahan di Sekolah .......... 5

BAB III PENUTUP  .................................................................

A.    Kesimpulan  ...................................................... 5

B.    Saran  ................................................................ 5

DAFTAR RUJUKAN  .................................................. 6


 

BAB Ⅰ

PENDAHULUAN

 

  1. 1.        Latar Belakang Masalah 

    Efektivitas pembelajaran merupakan suatu pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk dapat belajar dengan mudah, menyenangkan, dan dapat mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan harapkan oleh seorang guru. Pembelajaran yang sering terjadi di kelas masih didominasi guru, sehingga pembelajaran yang dilakukan di kelas kurang efektif, pencapaian efektivitas pembelajaran diperlukan sebuah strategi pembelajaran yang tepat sesuai kondisi siswa.

     Kondisi siswa dalam proses pembelajaran memegang hal penting dalam pencapaian hasil yang optimal sehingga dibutuhkan strategi yang sesuai dengan kondisi siswa agar tujuan dari pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Saat ini masih banyak guru yang menggunakan metode konvensional atau metode ceramah, siswa hanya sebagai pendengar yang setia dan tidak bisa aktif dalam proses pembelajaran, hal ini didukung oleh pernyataan dari Wina Senjana (dalam Tjipto Subadi, 2013) yang menyatakan strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.

     Kedudukan strategi pembelajaran discovery merupakan salah satu upaya untuk mempertinggi proses interaksi guru dan siswa. Guru memberi beberapa petunjuk kepada siswa untuk membantu siswa menghindari jalan buntu, guru memberi pertanyaan atau mengungkapkan dilema yang membutuhkan pemecahan,penyediaan materi yang sesuai dan menarik, serta meningkatkan kemampuan siswa untuk mengemukakan pendapat dan berfikir kritis. Melalui penggunaan strategi snowball throwing diharapkan dapat mempertinggi kualitas proses belajar mengajar yang pada akhirnya dapat mempengaruhi kualitas hasil belajar siswa dan tujuan pembelajaran dapat 1 2 tercapai.

     Snowball Throwing atau yang sering dikenal dengan Snowball Fight merupakan pembelajaran yang diadopsi pertama kali dari game fisik dimana segumpal salju dilempar dengan maksud memukul orang lain (Miftahul Huda, 2013). Guru saat melakukan proses pembelajaran harus mampu menciptakan pengelolaan kelas yang kondusif agar siswa tertarik dalam mengikuti pelajaran IPS. Pengelolaan kelas yang tidak kondusif akan berdampak negatif pada proses pembelajaran dan sulitnya tercapai tujuan pembelajaran IPS dan sebaliknya.

     Indikator kelas yang kondusif dibuktikan dengan giat dan asyiknya siswa belajar dengan penuh perhatian mendengarkan penjelasan dari guru yang sedang memberikan bahan pelajaran. Namun pada kenyataannya siswa kurang memperhatikan guru saat menyampaikan materi pelajaran, banyak siswa yang sibuk sendiri dan gaduh saat guru menyampaikan materi pelajaran. Hal ini disebabkan karena strategi pembelajaran yang digunakan kurang tepat dan efektif saat melakukan pembelajaran IPS pada materi keunggulan iklim di Indonesia.

    Sekolah MA Almaarif merupakan lembaga pendidikan ternama yang telah memberikan pendidikan berkualitas kepada siswanya selama beberapa tahun. Sekolah ini dipuji karena metode pengajarannya yang inovatif dan komitmennya terhadap keunggulan akademik. Namun, untuk menentukan efektivitas program pendidikan sekolah, penting untuk melakukan analisis kritis terhadap kurikulum, metode pengajaran, dan kinerja siswa. Esai ini akan memberikan analisis rinci tentang efektivitas pendidikan di Sekolah MA Almaarif, menyoroti bidang kekuatan dan kelemahan, dan menawarkan rekomendasi untuk perbaikan.

    Kurikulum adalah tulang punggung dari setiap program pendidikan, dan penting untuk menyelaraskannya dengan tujuan pembelajaran di sekolah. Kurikulum di MA Almaarif School dirancang untuk membantu siswa mencapai keunggulan akademik, mengembangkan keterampilan berpikir kritis, dan menjadi warga negara yang bertanggung jawab. Namun, analisis kritis terhadap kurikulum mengungkapkan beberapa bidang kekuatan dan kelemahan. Salah satu kelebihan kurikulum adalah keselarasan dengan standar nasional dan internasional.



1.2  RUMUSAN MASALAH

1)    Bagaimana efektivatas bisa tercipta di MA Almaarif ?

2)    Bagaimana mengatasi kelemahan  dan tantangan efektivitas di MA Almaarif ?

3)    Bagaimana mencegah kelemahan dan tantangan efektivitas di MA Almaarif ?

 

1.3  TUJUAN PENULISAN

Berdasarkan rumusan masalah yang telah dikemukakan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan kurikulum dengan efektivitas pembelajaran  di Sekolah MA Almaarif Singosari  Malang.

 


 

BAB Ⅱ

PEMBAHASAN

2.1 KRISIS EFEKTIVITAS PENDIDIKAN DI MA ALMAARIF

    Krisis efektivitas Pendidikan di MA Almaarif  yang mungkin terjadi di sekolah ini bisa diusahakan sebagaimana diungkapkan oleh neliti.com. Sekolah efektif adalah sekolah yang memiliki standar pengelolaan yang baik, transparan, responsibel dan akuntabel, serta mampu memberdayakan setiap komponen penting sekoiah, baik secara internal maupun eksternal, dalam rangka pencapaian visi-misi-tujuan sekolah secara efektif dan efesien.

    Maka seyogya bagi Masyarakat madrasah untuk melakukan standar pengelolaan yang baik, transparan, responsible dan akuntabe yang sesuai kurikulumldi Sekolah MA Almaarif Singosari Malang khususnya kelas sebelas IPS 2 agar tercipta sekolah efektif sebagaimana standardnya.

 

2.2 MENGATASI KELEMAHAN DAN TANTANGAN EFEKTIVAS DI MA ALMAARIF

1. Komunikasi Efektif:

    Salah satu kunci utama dalam mengatasi tantangan adalah komunikasi efektif antara bapak, ibu, dan anggota komunitas belajar.

    Membuka jalur komunikasi yang baik membantu mengidentifikasi masalah secara dini dan mencari solusi bersama.

2. Kolaborasi dan Partisipasi Aktif:

    Bapak dan ibu memiliki peran krusial dalam merangsang kolaborasi dan partisipasi aktif di dalam komunitas belajar.

    Ini dapat mencakup mengorganisir acara, proyek bersama, atau kegiatan edukatif untuk meningkatkan keterlibatan semua anggota.

3. Fleksibilitas dan Adaptabilitas:

    Bapak dan ibu perlu memiliki sikap yang fleksibel dan adaptatif menghadapi perubahan dan tantangan yang mungkin muncul dalam komunitas belajar.

    Menyesuaikan diri dengan perkembangan situasi membantu menjaga keberlanjutan kegiatan pembelajaran.

2.3 MENCEGAH KELEMAHAN DAN TANTAGAN EFEKTIVITAS MA ALMAARIF

Hal-Hal yang dapat mencegah kelemahan dan tantagan efektivitas di MA Almaarif sebagai berikut:

1. Pelatihan dan Pengembangan Guru:

    Guru memainkan peran sentral dalam pembelajaran jarak jauh. Oleh karena itu, penting untuk memberikan pelatihan dan pengembangan yang memadai kepada guru agar mereka dapat menguasai teknologi pembelajaran jarak jauh dan metode pengajaran yang relevan. Pelatihan ini harus meliputi penggunaan platform pembelajaran online, strategi pengajaran virtual, dan penilaian jarak jauh. Guru juga perlu diberikan dukungan teknis yang memadai selama proses pembelajaran jarak jauh.

 

2. Ketersediaan Materi Pembelajaran yang Beragam:

    Untuk menjaga keterlibatan dan motivasi siswa dalam pembelajaran jarak jauh, penting untuk menyediakan materi pembelajaran yang beragam dan menarik. Hal ini dapat mencakup penggunaan video pembelajaran, konten interaktif, dan sumber daya online yang relevan. Dengan menyediakan variasi dalam metode dan materi pembelajaran, siswa akan lebih terlibat dan memiliki kesempatan untuk belajar sesuai dengan gaya belajar mereka masing-masing.

 

3. Kolaborasi dan Keterlibatan Orang Tua:

    Peran orang tua atau wali siswa sangat penting dalam mendukung pembelajaran jarak jauh. Kolaborasi antara orang tua, guru, dan siswa dapat membantu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif di rumah. Orang tua perlu diberikan pemahaman tentang teknologi pembelajaran jarak jauh yang digunakan dan mendukung anak-anak mereka dalam menjalani proses pembelajaran ini. Membuka saluran komunikasi yang terbuka antara sekolah dan orang tua juga penting untuk memastikan pemantauan dan evaluasi yang efektif terhadap kemajuan siswa.

 

4. Penilaian yang Komprehensif:

    Penilaian yang komprehensif dan adil adalah bagian integral dari pembelajaran jarak jauh. Guru perlu menggunakan berbagai alat penilaian yang sesuai dengan konteks pembelajaran jarak jauh, seperti tugas online, kuis interaktif, atau diskusi online. Selain itu, penilaian formatif yang berkelanjutan harus diterapkan untuk memantau perkembangan siswa sepanjang waktu dan memberikan umpan balik yang relevan. Hal ini akan membantu guru memahami kebutuhan individual siswa dan melakukan intervensi yang diperlukan.

 

5. Pengaturan Rutinitas dan Pengelolaan Waktu:

    Pembelajaran jarak jauh membutuhkan disiplin diri yang tinggi dan kemampuan untuk mengatur waktu dengan efektif. Penting bagi siswa dan guru untuk membuat jadwal rutin yang mencakup waktu belajar, istirahat, dan aktivitas fisik. Dengan adanya rutinitas yang teratur, siswa dapat menjaga motivasi dan fokus selama proses pembelajaran jarak jauh.

 

BAB

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

    Efektivas Pendidikan sudah standard dengan kurikulum yang berlaku tapi masih ada yang kurang dari beberapa bagian seperti mengatur waktu yang efektif untuk santri dan anak rumah yang masih belom bisa mengatur waktu yang Ketika jam kosong tidur dan jadwal guru yang sering jam kosong dan hanya pemberian tugas dan lain sebagainya

3.2 Saran

    Berdasarkan kesimpulan diatas maka sekolah harus lebih  membenahi beberapa bagian tersebut agar efektivas Pendidikan menjadi lebih baik dari segala bagian-bagiannya.

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA:

https://www.akurat.co/parenting/1303769662/bagaimana-bapak-ibu-mengatasi-tantangan-dan-kendala-yang-ada-di-komunitas-belajar-coba-8-tips-berikut

https://lsfdiscourse.org/krisis-pendidikan

https://kuanta.id/strategi-efektif-untuk-meningkatkan-mutu-sekolah-panduan-lengkap/

https://sman1baros.sch.id/cara-mengatasi-kesulitan-belajar/

https://www.akubelajar.id/blog/cara-untuk-meningkatkan-efektivas-pembelajaran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RESENSI AFIQ HUSNATU ZAHRA

 RESENSI NOVEL  Judul laut bercerita  Penulis:Kelas.chudori  “Laut Bercerita” adalah sebuah novel karya Leila S. Chudori yang diterbitkan p...