Jumat, 29 Maret 2024

ARTIKEL NAKHLAH ALICIA DAN RISKA MAULIDIYAH

 

PERAN SISWA DAN GURU DALAM MENINGKATKAN KETERTIBAN LINGKUNGAN BELAJAR YANG PRODUKTIF DI MA AL-MAARIF SINGOSARI

 

Oleh : Nakhlah Alicia & Riska Maulidiyah

 

 

Lingkungan belajar yang tertib dan produktif sangat penting untuk keberhasilan siswa. Di ma almaarif singosari, siswa dan guru memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan seperti itu. Berikut adalah ulasan tentang peran masing-masing pihak:

A). peran siswa:

1. Menjaga kebersihan kelas dan lingkungan sekolah :

Siswa bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan ruang kelas mereka dan area sekolah lainnya. Hal ini termasuk membuang sampah pada tempatnya, membersihkan meja dan kursi, serta merapikan peralatan.

2. Menghormati guru dan teman sebaya :

Siswa diharapkan untuk memperlakukan guru dan teman sekelas mereka dengan hormat. Ini berarti mendengarkan dengan penuh perhatian, mengangkat tangan sebelum berbicara, dan tidak mengganggu orang lain.

3. Berpartisipasi aktif dalam pelajaran :

Siswa harus terlibat aktif dalam proses belajar mengajar. Hal ini termasuk mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan guru, dan berpartisipasi dalam diskusi.

4. Mengikuti aturan sekolah:

Siswa diwajibkan untuk mengikuti semua aturan sekolah, termasuk aturan tentang kehadiran, seragam, dan perilaku.

5. Menjadi panutan bagi orang lain:

Siswa dapat memberikan kontribusi positif pada lingkungan belajar dengan menjadi panutan yang baik bagi teman sekelas mereka. Ini berarti menjadi orang yang bertanggung jawab, menghargai, dan hormat.

 

 

 

 

B). Peran Guru:

1. Menegakkan aturan dan ekspektasi :

Guru bertanggung jawab untuk menetapkan dan menegakkan aturan dan ekspektasi yang jelas untuk perilaku siswa. Mereka harus konsisten dalam menerapkan aturan dan memberikan konsekuensi yang sesuai ketika diperlukan.

2. Menciptakan Lingkungan belajar yang positif :

Guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang positif dengan menunjukkan sikap hormat, antusiasme, dan kemauan untuk membantu siswa. Mereka harus membangun hubungan yang kuat dengan siswa dan menciptakan ruang kelas yang mendukung dan aman.

3. Memimpin dengan contoh :

Guru berperan sebagai panutan bagi siswa. Mereka harus menunjukkan perilaku yang mereka harapkan dari siswa, seperti menghormati orang lain, bertanggung jawab, dan berpartisipasi aktif.

4. Berkolaborasi dengan siswa :

Guru dapat meningkatkan ketertiban dengan berkolaborasi dengan siswa untuk menetapkan aturan dan harapan bersama. Mereka juga harus mendapatkan umpan balik dari siswa tentang lingkungan belajar dan membuat penyesuaian yang diperlukan.

5. Menumbuhkan tanggung jawab pada siswa :

Guru dapat membantu siswa mengembangkan rasa tanggung jawab dengan memberi mereka kesempatan untuk membuat keputusan dan mengambil kepemilikan lingkungan belajar mereka. Ini dapat dilakukan melalui proyek kelompok, kepemimpinan siswa, atau inisiatif lainnya.

 

Siswa dan guru memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang produktif dan tertib di MA Al-Maarif Singosari. Kerja sama antara keduanya sangat penting untuk menumbuhkan budaya disiplin, tanggung jawab, dan rasa memiliki terhadap lingkungan belajar.

Siswa harus aktif terlibat dalam pemeliharaan kebersihan, ketertiban, dan ketenangan lingkungan belajar. Guru, di sisi lain, harus menetapkan aturan dan norma yang jelas, serta menjadi panutan bagi siswa.

Upaya bersama ini mencakup penegakan peraturan, pembinaan karakter, dan pembentukan kesadaran tentang manfaat lingkungan belajar yang kondusif. Dengan mengoptimalkan peran masing-masing, siswa dan guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan menginspirasi, yang pada akhirnya akan meningkatkan hasil belajar dan kesejahteraan siswa secara keseluruhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RESENSI AFIQ HUSNATU ZAHRA

 RESENSI NOVEL  Judul laut bercerita  Penulis:Kelas.chudori  “Laut Bercerita” adalah sebuah novel karya Leila S. Chudori yang diterbitkan p...