Jumat, 29 Maret 2024

MAKALAH ASSYADZILI FIRMANSYAH DAN NAURAH CHALYSIA JINAN FATIN

PERMASALAHAN KERTERBATASAN MEDIA PEMBELAJARAN

DI MA ALMAARIF SINGOSARI

 

MAKALAH

 

 

 



 

 

 

 

 

Disusun oleh Kelompok 8:

Ø As Syadzili Firmansyah

 Ø Naurah Chalysia Jinan Fatin

 

 

 

KELAS XI IPS 2

MADRASAH ALIYAH ALAMAARIF SINGOSARI

FEBRUARI 2024

 


KATA PENGANTAR

 

            Puji dan syukur penulis panjatan kepada Allah SWT atas rahmat dan hidayat-Nya kepada kita semua, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Permasalahan Media Pembelajaran di MA Almaarif Singosari” dengan baik dan tepat pada waktunya.

            Adapun tujuan penulis makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dengan segala upaya serta kemampuan yang ada, penulis sadar bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna baik dalam segi kepenulisan dan struktur kepenulisaan maupun ejaan. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran untuk kesempurnaan makalah ini. Dan semoga dengan selesainya makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

 

 

 

 

Singosari, 29 Maret 2024

 

 

 

Penyusun

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR  ................................................  i  

DAFTAR ISI  .............................................................. ii 

 

BAB I PENDAHULUAN  ............................................  

A.    Latar Belakang  ................................................. 3

B.    Rumusan Masalah  ............................................ 3 

C.    Tujuan Penulisan  ............................................. 3

BAB II PEMBAHASAN  ..............................................

A.    Pengertian Media Pembelajaran .................................. 4

B.    Pengaruh Keterbatasan Media Pembelajaran ... 4

C.    Solusi untuk Keterbatasan Media Pembelajaran ........................................................................... 5

BAB III PENUTUP  .................................................................

A.    Kesimpulan  ...................................................... 6

B.    Saran  ................................................................ 6

DAFTAR RUJUKAN  .................................................. 7

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1    LATAR BELAKANG

Media pembelajaran merupakan alat bantu mengajar yang digunakan guru untuk muridnya dengan cara yang lebih efektif. Menurut H.Malik (1994), Pengertian media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pelajaran), sehingga dapat merangsang perhatian, minat, pikiran dan perasaan.

Ada berbagai macam media pembalajaran yang dapat memfasilitasi proses belajar, misalnya proyektor, slide show, hp, laptop dan presentasi Power Point. Akan tetapi tidak semua sekolah mempunyai fasilitas tersebut. Permasalahan ini terjadi juga di MA Almaarif Singosari, banyak siswa yang mengeluh tidak bisa mengerjakan tugas kelompok/individu yang berbasiskan hp atau laptop dan cukup sulit mendapatkan surat izin untuk mengakses hp di sekolah. Terutama bagi siswa/siswi yang berada di pondok pesantren.

 

1.2    RUMUSAN MASALAH

Berdasarkan latar belakang selanjutnya penulis merumuskan permasalahan sebagai berikut :

1.       Apa permasalahan yang dialami siswa MA Almaarif Singosari dalam Kegiatan Belajar Mengajar di sekolah?

2.       Apa pengaruh keterbatasan media pembelajara pada siswa MA Almaarif Singosari?

3.       Apa solusi yang dapat digunakan dalam permasalahan keterbatasan media pembelajaran di MA Almaarif Singosari?

 

1.3    TUJUAN PENULISAN

Untuk mencari sumber masalah dan solusi dari keterbatasan media pembelajaran yang terjadi di MA Almaarif Singosari sehingga siswa dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan mudah

 

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

2.1    PENGERTIAN MEDIA PEMBELAJARAN

Media pembelajaran adalah alat bantu untuk belajar mengajar dan menyalurkannya denga cara yang lebih efektif dan efisien agar para siswa dapat menerima materi dengan baik. Media belajar yang biasa digunakan seperti, proyektor LCD, komputer, laptop, dan hp.

Menurut Yudhi Munadi, media pembelajaran dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat menyampaikan dan menyalurkan pesan dari sumber secara terencana sehingga tercipta lingkungan belajar yang kondusif dimana penerimanya dapat melakukan proses belajar secara efisien dan efektif (2013,hlm.8).

 

2.2    PENGARUH KETERBATASAN MEDIA PEMBELAJARAN

Media pembelajaran cukup berpengaruh pada hasil pemahaman dan tugas para siswa terutama kurikulum pada zaman sekarang atau lebih dikenal dengan kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakulikuler dengan konten yang beragam agar siswa lebih optimal dan memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

Kurikulum merdeka juga berlaku di MA Almaarif Singosari, tugas siswa berbasis proyek dan digital. Banyak siswa yang mengeluh kesulitan mengerjakan tugas yang berbasiskan digital terutama yang berada di pondok. Mereka mengeluh di karenakan pihak sekolah membuat peraturan tidak di memperbolehkan membawa hp / laptop ke sekolah. Sehingga banyak tugas yang tidak selesai atau tidak menepati pada tanggal pengumpulan.

Keterbatasan media ini juga berpengaruh terhadap diskusi kelompok antara siswa berdomisili rumah dan pondok. Sebagian anak pondok tidak bisa meluangkan waktu di luar pondok untuk mengerjakan tugas. Ada beberapa juga yang di perbolehkan keluar dengan adanya batasan waktu dan batas wilayah.

 

 

 

2.3    SOLUSI UNTUK KETERBATASAN MEDIA BELAJAR

Di era generasi z ini hampir semua mata pelajaran lebih mengandalkan digital untuk penyampaian materi dan tugas. Peraturan tidak memperbolehkan siswa membawa alat elektronik seperti hp dan laptop di MA Almaarif Singosari cukup membuat siswa kesusahan dalam mengerjakan tugas, salah satunya adalah membuat ppt. Peraturan yang dijalani di MA Almaarif juga membawa dampak positif bagi siswanya, akan tetapi peraturan tersebut dikatakan kurang cocok pada kurikulum saat ini.

Oleh karena itu, ada beberapa solusi untuk memecahkan masalah tersebut yaitu

1.    Sekolah menyediakan 1 lab komputer khusus untuk siswa yang berdomisili pondok agar mempermudah mengerjakan tugas berbasis digital

2.    Menyediakan tablet atau laptop bagi siswa untuk mengerjakan tugas digital. Ini dapat mengakses dan mengerjakan tugas secara lebih efisien

3.    Menentukan jadwal dimana siswa dapat menggunakan fasilitas digital untuk mengerjakan tugas mereka. Hal ini mencegah terjadinya penumpukan pekerjaan dalam sehari 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

 

3.1    KESIMPULAN

Sebagai berikut kesimpulan makalah ini yaitu keterbatasannya media belajar berada di MA Almaarif Singosari. Keterbatasan media belajar ini juga di karenakan peraturan di sekolah tersebut yang tidak memperbolehkan membawa alat elektronik seperti hp. Berbagai macam keluhan siswa atas kesulitan untuk mengerjakan tugas yang berbasiskan digital, khususnya siswa yang berdomisili pondok.

Dengan adanya keterbatasan media belajar ini dapat mempengaruhi tugas mereka, sehingga banyak tugas yang belum selesai ataupun telat mengumpulkan pada tanggal yang sudah ditentukan.

3.2    SARAN

Berdasarkan kesimpulan diatas, ada beberapa yang perlu di perhatikan untuk memecahkan masalah tersebut. Contohnya, penyediaan lab komputer bagi siswa yang sedang membutuhkan akses digital untuk mengerjarkan tugas yang di berikan serta memberi jadwal kepada siswa untuk menggunakan fasilitas digital agar tidak terjadi penumpukan tugas dalam sehari

 

 

 


 

 

 

DAFTAR RUJUKAN

 

https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6818335/apa-itu-kurikulum-merdeka-ini-pengertian-prinsip-pembelajarannya

https://salamadian.com/pengertian-media-pembelajaran/#:~:text=Pengertian%20Media%20Pembelajaran%20Menurut%20Para%20Ahli%201%20Menurut,menyusun%20kembali%20informasi%20visual%20atau%20verbal.%20Item%20lainnya

https://serupa.id/media-pembelajaran/

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RESENSI AFIQ HUSNATU ZAHRA

 RESENSI NOVEL  Judul laut bercerita  Penulis:Kelas.chudori  “Laut Bercerita” adalah sebuah novel karya Leila S. Chudori yang diterbitkan p...