Sabtu, 30 Maret 2024

MAKALAH HALWA NUR IZZA DAN NUR AZHARINA

 

 

KEBIASAAN BOLOS SEKOLAH

SISWA MA ALMAARIF SINGOSARI

 



 

Disusun oleh:

1.Nur Azharina

2. Halwa Nur Izzah

 

 

 

 

KELAS XI IPS 2

MADRASAH ALIYAH ALMAARIF SINGOSARI

MARET 2024

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT. Atas berkat dan rahmat-Nya kami dapat menyelesaikan proposal penelitian ini.Adapun tujuan dari penulisan proposal penelitian ini adalah untuk memberikan solusi kepada para siswa dari masalah-masalah yang sering terjadi di lingkungan sekolah.

Tugas ini ditujukan untuk memenuhi tugas sekolah. Selain itu,saya mengucapkan Terima kasih kepada Bapak Indra Nurdianto S.Pd,M.Pd selaku guru Bahasa Indonesia kelas XI IPS 2 yang telah memberikan tugas ini. Mohon maaf apabila ada beberapa kata yang salah. Oleh karena itu saya mengharapkan kritik dan saran untuk menyempurnakannya karya tulis ilmiah saya ini. Saya mengharapkan semoga karya tulis ini dapat memberikan manfaat yang baik khususnya untuk saya dan umumnya pembaca.

 

 

 

 

Malang, 30 Maret 2024

Penyusun

 

                                                                                                                                  

 

 

DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR  ................................................  i  

DAFTAR ISI  .............................................................. ii 

 

BAB I PENDAHULUAN  ............................................  

A.    Latar Belakang  ................................................. 3

B.    Rumusan Masalah  ............................................ 3 

C.    Tujuan Penulisan  ............................................. 3

BAB II PEMBAHASAN  ..............................................

A.    Pengertian bolos sekolah.............................................. 4

B.    Faktor yang mempengaruhi bolos sekolah ....... 4

C.    Dampak akibat bolos sekolah ........................... 5

D.    Solusi untuk mengatasi bolos sekolah .............. 5

 

BAB III PENUTUP  .................................................................

A.    Kesimpulan  ...................................................... 6

B.    Saran  ................................................................ 6

DAFTAR RUJUKAN  .................................................. 7

                                                                              

 

             

 

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

      Pendidikan adalah upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk mencapai Indonesia yang adil dan makmur. Siswa sebagai sumber daya manusia masa depan bangsa perlu disiapkan untuk menjawab harapan-harapan tersebut. Tanpa adanya peraturan, tidak hanya siswa, tetapi guru juga dapat menampakkan perilaku yang tidak sejalan dengan norma-norma pendidikan dan pembelajaran. Karenanya disiplin sangat perlu dalam proses belajar mengajar, karena disiplin dapat membantu kegiatan belajar, dapat menimbulkan rasa senang untuk belajar dan meningkatkan hubungan sosial. Sekolah dapat membuat kebijakan tertentu dalam bentuk aturan. Tata tertib sekolah menurut Nawawi dalam Hadianti, L. S. (2017) mencakup beberapa aspek, yaitu: 1) Tugas dan kewajiban, baik dalam kegiatan intra kulikuler maupun ekstra kurikuler; 2) Larangan-larangan bagi para siswa; 3) Sanksi-sanksi bagi para siswa . Tata tertib sekolah bukan hanya sekedar kelengkapan dari sekolah, tetapi merupakan kebutuhan yang harus mendapat perhatian dari semua pihak yang terkait, terutama dari pelajar atau siswa itu sendiri.

      Di lingkungan sekolah masih banyak para siswa yang sering melanggar peraturan sekolah,salah satunya di MA Almaarif Singosari. Beberapa pelanggaran yang dilakukan diantaranya; terlambat masuk sekolah, bolos sekolah, bolos pelajaran, dsb. Dalam makalah ini kami akan meneliti salah satu permasalahan yang kerapkali terjadi di sekolah yaitu kebiasaan bolos sekolah. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat terutama bagi siswa untuk menghilangkan kebiasaan bolos sekolah.

 

1.2 Rumusan Masalah

 1. Apa saja faktor yang menyebabkan siswa bolos sekolah/pelajaran?

 2. Dampak akibat siswa bolos sekolah?

 3. Solusi mengatasi masalah tersebut?

 

1.3 Tujuan Penulisan

 1. Untuk meneliti penyebab siswa bolos sekolah

 2. Untuk mengetahui dampak akibat siswa bolos sekolah

 3. Untuk mencari solusi yang tepat menangani masalah ini

 

BAB II

PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Bolos Sekolah

Menurut Setyowati (2004:69) bahwa pengertian membolos adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh siswa dalam bentuk pelanggaran tata tertib sekolah atau meninggalkan sekolah pada jam pelajaran tertentu, meninggalkan pelajaran dari awal sampai akhir guna menghindari pelajaran efektif tanpa ada keterangan yang dapat diterima oleh pihak sekolah atau dengan keterangan palsu.Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa membolos adalah suatu tindakan atau perilaku siswa yang tidak masuk sekolah dengan alasan yang tidak jelas, atau bisa diartikan ketidakhadiran dengan alasan tidak jelas, serta siswa yang meninggalkan jam-jam pelajaran tertentu tanpa izin dari pihak guru yang bersangkutan.

 

2.2 Faktor-faktor yang Mempengaruhi Bolos Sekolah

Menurut Setyowati (2004:72) beberapa masalah yang dihadapi siswa yang membolos antara lain:

1.Adanya perasaan tidak nyaman

2.Mempunyai musuh di sekolah

3.Tidak suka dengan beberapa mata pelajaran yang dianggap tidak penting atau tidak di sukai

4.Merasa tertinggal dalam pelajaran yang tidak mampu

5.Tidak suka guru yang mengajar

6.Adanya tekanan dari teman

7.Situasi sekolah yang tidak mendukung untuk belajar

8.Memang karena tidak berminat untuk bersekolah

 

Lingkungan sekolah yang kurang baik dapat menjadi sumber timbulnya kebiasaan membolos seperti suasana kelas kurang menyenangkan, sikap guru yang kurang baik, hubungan antar siswa kurang baik, lingkungan sekolah yang kurang baik, materi pelajaran yang kurang menarik dan sebagainya.Dan dari beberapa faktor diatas dapat disimpulkan bahwa faktor dari perilaku membolos yaitu intern atau yang bersumber dari dirinya sendiri, dan faktor ekstern atau faktor yang bersumber dari lingkungan sekitarnya.

 

 

2.3 Dampak Akibat Bolos Sekolah

1.Ketinggalan materi pelajaran

2.Tidak dapat memahami pelajaran dengan baik

3.Mendapat nilai yang tidak maksimal

4.Absen banyak yang alpha

5.Masuk sidang pleno

6.Mendapat kemungkinan tidak naik kelas

7.Dikeluarkan dari sekolah

8.Mendapat masalah di rumah

 

2.4 Solusi Untuk Mengatasi Bolos Sekolah

Jika dilihat dari faktor-faktor yang mempengaruhi siswa bolos sekolah,solusi yang tepat bukan hanya ditujukan kepada siswa saja melainkan juga dengan lingkungannya, orang tuanya sekaligus temannya. Siswa bolos sekolah bisa dipengaruhi oleh lingkungan keluarganya yang kurang harmonis, kurangnya perhatian dari orang tuanya, pergaulan dengan teman yang kurang baik dan masih banyak lagi. Maka, solusi yang tepat menurut penelitian adalah :

1.Melakukan pendekatan pada siswa

2.Bertanya alasan siswa membolos

3.Mengenali teman-temannya,lingkungan serta keluarganya

4.Menghubungi orang tuanya

5.Sajikan materi pelajaran yang menarik dan menyenangkan

6.Ciptakan suasana harmonis antara siswa dan guru

7.Memberikan pemahaman manfaat belajar

8.Memberikan motivasi pada siswa

 

 

BAB III

PENUTUPAN

 

3.1 Kesimpulan

Kebiasaan bolos sekolah merupakan kebiasaan yang buruk dan tidak sepatutnya dilakukan oleh para siswa. Sebab ditinjau dari dampaknya saja siswa mendapat banyak kerugian. Kebiasaan membolos merupakan titik awal perubahan seseorang ke arah yang kurang baik, karena selama aktivitasnya siswa cenderung melakukan hal-hal yang kebermanfaatannya minim bahkan mengarah pada hal-hal negatif. Karena itu, permasalahan membolos yang dilakukan oleh para siswa perlu mendapat perhatian yang lebih dari semua pihak dalam upaya menciptakan generasi muda yang kompeten sehingga tercapai bangsa Indonesia yang maju dan berkembang kearah yang lebih baik.

3.2 Saran

1. Untuk Guru

a. Lebih konsisten terhadap aturan yang berlaku dan aturan yang  diberlakukan oleh guru itu sendiri di dalam kelasnya, agar tidak timbul pemikiran kurang baik dari para siswa.

b. Harus melihat situasi dan kondisi siswa serta lingkungannya ketika akan memberikan suatu sanksi atas pelanggaran yang siswa lakukan, jangan sampai pemberian sanksi yang pada hakikatnya bertujuan agar pelaku tidak melakukan perbuatannya dikemudian hari malah membuat pelaku lebih berontak.

c. Guru harus lebih banyak menguasai metode mengajar serta kreatif dalam pelaksanaan belajar mengajar dikelas dan bisa menciptakan suasana yang nyaman, asik, dan tidak membuat para siswa jenuh.

2. Untuk Siswa

a. Lebih pintar dalam memilih rekan sepermainan.

b. Bisa memilih mana yang baik dan mana yang buruk untuk dirinya, baik untuk dimasa sekarang ataupun untuk masa yang akan datang dilihat dari dampaknya.

c. Harus lebih memperkuat pengawasan diri agar tidak mudah terpengaruh oleh pengaruh negatif yang ada dilingkungan sekitar dia berada.

 

DAFTAR PUSTAKA

 

 

Anggraeni Widiastuti, S.Psi (2020, Agustus 7). RadarSemarang.Id: Menerapkan Disiplin di         Sekolah dengan Tata Tertib. Diakses pada 30 Januari 2023 melalui            https://radarsemarang.jawapos.com/artikel/untukmu-guruku/2020/08/07/menerapkan-disiplin-di-sekolah-dengan-tata-tertib/

Jejak pendidikan (2004), Pengertian Perilaku Membolos. Diakses pada 31 Januari 2023 melalui http://www.jejakpendidikan.com/2017/04/pengertian-perilaku-membolos.html?m=1

Jejak pendidikan (2004), Faktor-faktor Penyebab Membolos. Diakses pada 31 Januari 2023 melalui http://www.jejakpendidikan.com/2017/04/faktor-faktor-penyebab-membolos.html?m=1

Rijal (2019, Juli 16). Berbagi Ilmu: 12 Cara Menangani Siswa yang Sering Bolos Sekolah. Diakses pada 31 Januari 2023 melalui https://www.rijal09.com/2019/07/cara-menangani-siswa-yang-sering-bolos-sekolah.html?m=1

Matra pendidikan (2014), Cara Mengatasi Siswa Bolos Belajar. Diakses pada 31 Januari 2023 melalui https://www.matrapendidikan.com/2014/06/cara-mengatasi-siswa-bolos-belajar.html?m=1

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RESENSI AFIQ HUSNATU ZAHRA

 RESENSI NOVEL  Judul laut bercerita  Penulis:Kelas.chudori  “Laut Bercerita” adalah sebuah novel karya Leila S. Chudori yang diterbitkan p...