Minggu, 31 Maret 2024

MAKALAH JAFAR ASHODIQ DAN M.IAM MIRZA

 

MINIM NYA KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP ATRIBUT SEKOLAH DI MA ALMAARIF SINGOSARI

 

MAKALAH

 

 

 



 

 

 

 

 

Disusun oleh Kelompok 18:

·       Jafar Ashodiq 

·       M. Iam Mirza

 

 

 

 

KELAS XI IPS 2

MADRASAH ALIYAH ALMAARIF SINGOSARI

MARET 2024


KATA PENGANTAR

 

 Puji syukur kehadirat tuhan yang maha esa, karena beliau lah kita bisa dipermudah dalam mengerjakan sebuah makalah ini sehingga kita dapat menyelesaikannya dengan tepat waktu. Makalah ini disusun sebagai tanggapan terhadap permasalahan yang asih sangat marak terjadi di Ma Almaarif Singosari, yaitu masalah kedisiplinan siswa terhadap atribut sekoalah, sebagai bagian dari mata pelajaran Bahasa Indonesia, makalah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang kedisplinan siswa terhadap atribut sekolah, serta strategi untuk menanggulangi nya.

 Dalam penyusunan makalah ini, kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebanyak banyak nya, kepada seluruh pihak yang telah ikut andil di dalam nya, serta terkhusus kepada pengajar mata pelajaran bahasa Indonesia, yang telah endedikasikan seluruh ilmu kepenulisan arahan dalam makalah ini. Kami sadar bahwasanya makalah kami ini jauh dari kata sempurna, oleh karena nya kami sangat mengharapkan saran dan masukan dari anda sekalian.

 

 

Singosari, Maret 2024

 

 

 

Penyusun



BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1  Latar Belakang Masalah

Kedisiplinan sangat penting diterapkan dalam lembaga pendidikan dan dibutuhkan oleh setiap siswa. .Disiplin Yang dimiliki siswa akan membantu siswa itu sendiri dalam tingkah lakunya sehari hari ,baik disekolah maupun dirumah .siswa akan mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang dihadapinya. Aturan yang terdapat disekolah akan bisa dilaksanakan dengan baik jika siswa sudah memiliki disiplin yang ada dalam dirinya.orang tua dan guru merupakan pemimpin dan anak murid yang menunjukkan kehidupan yang berguna dan bahagia jadi, menurut Hurlock(dalam Amri,2013:161)"disiplin adalah  cara masyarakat mengajar anak berprilaku moral yang disetujui kelompok".keluarga merupakan salah satu panutan utama dalam penanaman disiplin,karena apabila orang tua di rumah awal mengajar dan mendidik anaknya untuk memahami dan mematuhi aturan maka akan mendorong anak untuk mematuhi aturan titik pada sisi lain, anak yang tidak pernah dikenalkan pada aturan maka akan berperilaku tidak disiplin pula.

Berdasarkan uraian tersebut, perlu dibahas makalah yang berjudul “MINIMNYA KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP ATRIBUT SEKOLAH"

1.2    Rumusan Masalah

1.     Bagaimana kedisiplinan siswa terhadap atribut sekolah di MA Almaarif Singosari saat ini?

2.     Bagaimana cara mengatasi permasalahan minimnya kedisiplinan siswa terhadap atribut sekolah di MA Almaarif Sing

 

1.3  Tujuan Penulisan

Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penulisan makalah ini adalah:

1.     Mendeskripsikan kedisiplinan siswa terhadap atribut sekolah di MA Almaarif Singosari saat ini.

2.     Mendeskripsikan cara mengatasi permasalahan minimnya kedisiplinan siswa terhadap atribut sekolah di MA Almaarif Singosari.

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

1.1  Kedisiplinan siswa terhadap atribut sekolah di MA Almaarif Singosari

 

Kedisiplinan berasal dari kata disiplin. Kennet W.requena menjelaskan tentang kata disiplin yang dalam bahasa Inggris disiplin, berasal dari akar kata bahasa latin yang sama (discipulis) yang dengan kata disiplin membentuk makna yang sama yaitu mengajari atau mengikut pemimpin yang dihormati (Kennet,2008:17). Kedisiplinan siswa Ma almaarif singosari sangatlah minim terhadap atribut sekolah Oleh karena nya , perlu banyak sekali penekanan peraturan yang memadai tentang disiplin memakai atribut sekolah.

 

 

2.2   Cara Mengatasi Permasalahan minimnya kedisiplinan siswa terhadap atribut di MA Almaarif Singosari

 

Sekolah sebagai lembaga sosial tentunya memiliki aturan-aturan tertentu untuk mengatur siswa sesuai kaidah-kaidah yang telah ditetapkan, aturan tersebut juga disebut dengan istilah tata tertib. Tata tertib sekolah mempunyai sifat mengikat dan memaksa. Tata tertib ini menjadi indikator perilaku siswa, dengan dibuatnya tata tertib  diharapkan terciptanya kedisiplinan pada diri siswa, tetapi pada kenyataannya tidak semua aturan dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya karena masih terdapat siswa yang melakukan pelanggaran. Menurut Maswardi M. Amin (2012:61) tata tertib sekolah adalah suatu kondisi yang dirancang untuk dapat mengatur dan mengendalikan sikap ataupun tingkah laku individu atau siswa-siswa yang di sekolah agar tercipta suasana aman dan tentram di sekolah tanpa adanya gangguan baik dari dalam maupun dari luar sekolah.

Membuat peraturan yang jelas siswa tidak disiplin belum tentu karena mereka bandel, nakal dan sebagainya. Mungkin juga ketidak disiplinan tersebut disebabkan oleh peraturan yang membingungkan siswa. Jadi, bukan karena mereka tidak mau menaati aturan tapi karena peraturan tersebut tidak jelas. Membuat peraturan yang sejelas-jelasnya adalah bagian dari cara untuk membuat siswa menjadi lebih disiplin. Hindari membuat peraturan yang multitafsir sehingga siswa bingung memahaminya. Bersikap Tegas Menjaga sikap yang tegas juga bisa menjadi cara untuk meningkatkan disiplin pada diri pelajar. Tegas yang dimaksud disini bukanlah selalu marah-marah dan galak kepada siswa. Tegas artinya tidak bersikap plin plan, selalu mematuhi peraturan apapun yang terjadi. Kerjasama dengan Orang Tua Membentuk sikap disiplin pada siswa tidak hanya menjadi tugas dari sekolah saja, tetapi juga orang tua di rumah. Siswa yang ditekankan untuk selalu disiplin di sekolah tapi dibebaskan sesukanya di rumah, hasilnya hanya akan percuma saja.


BAB III

PENUTUP

 

3.1  Kesimpulan

Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa sarana kedisiplinan siswa terhadap atribut sekokah di Madrah Aliyah Almaarif masih rendah.tetapi para guru tatib sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mendisiplinkan.

3.2  Saran

Berdasarkan simpulan diatas sebaiknya madrasah aliyah almaarif singosari lebih menekankan lagi terhadap tata tertib di sekolah.

 

 

 

DAFTAR RUJUKAN

 Ibrahim Bafadal, Seri Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Bebasis Sekola Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya, (Jakarta : PT Bumi Akasara,2003). Him 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RESENSI AFIQ HUSNATU ZAHRA

 RESENSI NOVEL  Judul laut bercerita  Penulis:Kelas.chudori  “Laut Bercerita” adalah sebuah novel karya Leila S. Chudori yang diterbitkan p...