03/04/2024
PERMASALAHAN MELANGGAR KETERTIBAN
DI LINGKUNGAN MADRASAH ALIYAH ALMAARIF SINGOSARI
MAKALAH
Nabil Musthofa
Nadhifatur
Ramadhani
XI-IPS 3
MADRASAH
ALIYAH ALMAARIF SINGOSARI MALANG
APRIL 2024
KATA PENGANTAR
Puii Syukur diucapkan atas kehadirat Allah SWT. Atas
segala Rahmat-Nya, sehingga makalah ini dapat tersusun sampai selesai. Tidak
lupa kami mengucapkan terima kasih terhadap bantuan teman-teman dengan memberikan
sumbangan baik pikiran maupun materi.
Kami sangat berharap semoga makalah ini
dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi pembaca. Bahkan kami berharap
agar makalah ini dapat dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.
Bagi kami sebagai penyusun merasa bahwa
banyak kekurangan. Umtuk itu, kami sangat mengharapkan kritik dan saran dari
pembaca untuk makalah ini.
Singosari,
2 April 2024
Penyusun
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR.................................................................. 2
DAFTAR ISI................................................................................. 3
BAB
I PENDAHULUAN.................................................................................................. 4
..... 1.1 Latar Belakang.. 4
1.2 Rumusan Masalah 4
1.3 Tujuan 4
1.4 Manfaat 5
BAB
II PEMBAHASAN.................................................................................................. 6....................................................................................................
2.1 Faktor apa sajakah yang membuat siswa MA Almaarif
Singosari melanggar tata tertib sekolah 6
..... 2.2 Bagaimana cara mengatasi siswa MA Almaarif Singosari yang melanggar
ketertiban sekolah.... 7..
BAB
III PENUTUP 9
3.1 Kesimpulan dan saran 9
DAFTAR RUJUKAN 10
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang Masalah
Ketertiban di lingkungan
Madrasah Aliyah Almaarif berperan penting dalam kehidupan sehari-hari di
sekitar lingkungan sekolah. Ketertiban menjadikan sesuatu keadaan menjadi aman,
damai, dan teratur. Menyadari betapa pentingnya peran ketertiban di lingkungan
Madrasah Aliyah Almaarif bagi semua pihak sekolah, terutama bagi siswa-siswi
itu sendiri. Maka sekolah menyusun tata tertib sekolah
bagi semua pihak sekolah.
Isi
tata tertib tersebut pada umumnya tentang perintah, larangan, serta sanksi yang
diberikan kepada pihak yang melanggar tata tertib tersebut. Hal ini bertujuan
agar tata tertib berjalan sesuai peraturan yang telah di tetapkan berjalan
dengan baik. Penerapan tata tertib tersebut diharapkan akan menumbuhkan rasa
disiplin bagi semua pihak sekolah.
1.2
Rumusan Masalah
1. Faktor apa sajakah yang membuat siswa MA Almaarif
Singosari melanggar ketertiban sekolah?
2. Bagaimana
cara mengatasi siswa MA Almaarif
Singosari yang melanggar ketertiban sekolah?
1.3 Tujuan
1. Agar siswa tersebut menjadi seseorang yang
memiliki karakter, disiplin yang tinggi terhadap tata tertib yang ada di
sekolah dan dalam masyarakat sesuai nilai dan norma yang disepakati bersama
2. Untuk
memastikan semua siswa dapat melaksanakan
ketertiban yang ada di sekolah dengan baik
1.4 Manfaat
1. Sebagai
pedoman bagi pembaca tentang ketertiban di lingkungan Madrasah Aliyah Almaarif
Singosari
2. Untuk
menjelaskan kepada pembaca sangat
merugikan apabila melanggar ketertiban sekolah
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Faktor apa sajakah
yang membuat siswa MA Almaarif Singosari melanggar ketertiban sekolah?
`
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
1) Bentuk-bentuk
pelanggaran tata tertib di sekolah, yaitu: datang terlambat ke sekolah, alpha (tidak masuk tanpa keterangan),
kelengkapan atribut, dan membolos.
2) Faktor
penyebab pelanggaran tata tertib di sekolah adalah dari faktor internal yang
berasal dari diri siswa ialah rasa malas yang timbul dari dalam diri sendiri.
Dari faktor lingkungan sekolah sering ikut-ikutan, mengikuti trend dan faktor
kendaraan
2.2
Bagaimana cara mengatasi
siswa MA Almaarif Singosari yang melanggar
ketertiban sekolah?
Bagi anak yang
nakal, adanya peraturan disiplin sekolah tidak akan membuat mereka merasa
takut, namun justru menjadi sebuah tantangan untuk menaklukan disiplin sekolah.
Pada sebagian anak, melanggar peraturan sekolah justru dianggap sebagai hal
yang seru dan menantang untuk dilakukan. Menyikapi hal ini, dibutuhkan cara
mengatasi masalah disiplin di sekolah pada siswa yang nakal ini. Bagaimana
caranya?
1)
Atasi dengan
melakukan pendekatan kepada siswa
Hal pertama yang
dilakukan untuk mengatasi masalah disiplin sekolah yang dilanggar oleh siswa
adalah melalui metode pedekatam. Cara ini dirasa cukup efektif untuk menggali
penyebab para siswa melanggar peraturan dan disiplin sekolah. Dengan
mengetahui penyebab siswa
tidak disiplin di sekolah, maka akan lebih mudah pula untuk melakukan pembinaan
kepada anak yang nakal dengan metode yang sama pula. Pendekatan secara
emosional ini biasanya dilakukan pada pusat konseling yang dilakukan kepada
guru BK. Tindakan ini juga bermanfaat sebagai cara menumbuhkan
rasa percaya diri pada siswa untuk bisa menerapkan sikap disiplin di dalam
dirinya.
2)
Bekerja sama
dengan orang tua
Tidak cukup hanya dengan menegakkan
peraturan di sekolah dan melakukan pembinaan kepada siswa dengan metode
pendekatan. Dibutuhkan juga peran orang tua di dalamnya untuk melakukan
pembinaan kepada anak di lingkungan luar sekolah. kenakalan yang terjadi pada
anak juga dipengaruhi oleh lingkunga di luar sekolah. Seperti faktor akibat pergaulan
bebas di kalangan pelajar atau masalah dalam keluarga yang mempengaruhi
perilaku dan psikologis anak seperti pada dampak broken
home terhadap anak.
3)
Menumbuhkan
kesadaran siswa akan pentingnya kedisiplinan
Selain itu
tindakan yang bisa dilakukan untuk cara mengatasi masalah disiplin di sekolah
adalah dengan memberikan penyuluhan, pengertian dan pembinaan kepada siswa dan
siswi di sekolah. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran diri siswa
untuk mau mematuhi peraturan sekolah dan mendisiplinkan diri. Siswa harus tahu
manfaat dari peraturan yang dibuat dan harus sadar kenapa kedisiplinan diri itu
sangat penting.
4)
Memberlakukan
sanksi terhadap pelanggaran secara konsisten
Sanksi atas
pelanggaran yang dilakukan memang telah ditetapkan. Hanya saja terkadang sanksi
ini tidak berjalan sebagaimana mestinya pada saat-saat tertentu sehingga
membuat para siswa lengah terhadap sanksi tersebut. Oleh karena itu, jika
sanksi telah dibuatkan, terapkan sanksi tersebut secara konsisten kepada siswa
yang melanggar. Dengan berjalannya sanksi dengan ketat terhadap pelanggaran
yang dilakukan siswa, maka secara perlahan bisa menumbuhkan disiplin dalam diri
siswa itu sendiri.
5)
Perhatikan
jenis sanksi yang diterapkan
Perhatikan juga
jenis sanksi yang diterapkan kepada siswa yang melanggar. Hukuman yang terlalu
keras kepada siswa justru bisa memberikan efek negatif kepada siswa. Bukannya
malah semakin taat peraturan, justru siswa yang mendapat hukuman dengan keras
bisa semakin menjadi kenakalannya. Terlebih hukuman berbentuk kekerasan fisik
yang masih saja terjadi dalam lingkungan pendidikan.
6)
Hindari
menindaklanjuti siswa yang melanggar aturan di dalam kelas
Tidak efektif jika harus mengurus
dan menindaklanjuti seorang siswa yang melanggar di dalam kelas saat jam
pelajaran sedang berlangsung. Selain tidak efektif dalam melakukan pembinaan
kepada siswa, juga akan merugikan siswa lain karena kehilangan jam belajarnya.
Sebaiknya, lakukan pembinaan kepada siswa yang melanggar di luar jam pelajaran.
Seperti pada cara mengatasi
siswa yang berkelahi di jam pelajaran di dalam kelas.
7)
Mencap siswa
dengan label buruk
Seringkali guru
memberikan label negatif kepada siswa saat memarahinya. Seperti memanggil
dengan sebutan ‘anak nakal’, ‘anak bandel’, ‘pembolos’, ‘tukang ribut’, ‘tukang
bolos’ dan label lainnya yang menggambarkan kenakalan si anak. Hal ini secara
tidak langsung malah bisa berpengaruh pada psikologis siswa. Dimana dengan
label yang diberikan tersebut siswa malah menganggap kenakalan yang ia lakukan
adalah bagian dari dirinya, sehingga ia akan terus melakukan kenakalan tersebut
secara terus menerus.
8)
Terapkan
hukuman dengan tepat
Pemberian hukuman kepada siswa juga
harus dipergunakan dengan tepat. Jika siswa tidak disiplin di kelas hanya
dengan meribut atau berbicara saat jam pelajaran, maka cukup dengan memberikan
teguran kepada siswa. Tidak diperlukan memberikan hukuman yang berat kepada
siswa hanya karna pelanggaran kecil yang dilakukannya. Hal ini sebaiknya juga
diterapkan pada cara mengatasi
siswa yang melanggar tata tertib.
BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan dan Saran
Ketertiban di
lingkungan Madrasah Aliyah Almaarif Singosari harus ditaati oleh semua pihak
sekolah tersebut. Adanya ketertiban sekolah dapat menciptakan warga yang
disiplin dan teratur.
Adapun manfaat disiplin pada siswa dapat dirasakan dalam
jangka panjang bahkan sampai ketika siswa memasuki usia dewasa. Oleh karena
itu, sudah sewajarnya jika menanamkan kedisplinan harus dilakukan sedini
mungkin.
DAFTAR RUJUKAN
² Kanwil Kemenag Kalsel - Tegakkan Tata Tertib,
Pelanggar Diberi Pembinaan dan Sanksi
² https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v3i1.2347
² 8 Cara Mengatasi Masalah Disiplin di Sekolah
Terhadap Siswa - CintaLia.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar