FAKTOR KETERLAMBATAN SISWA
DI LINGKUNGAN MA ALMAARIF
SINGOSARI
MAKALAH
Disusun oleh Kelompok :
Mahmudyah Nur Kartika . (16)
Septi Alya Ulfatudza . (34)
KELAS XI IPS 2
MADRASAH
ALIYAH ALMAARIF SINGOSARI
MARET 2024
KATA PENGANTAR
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, yang selalu melimpahkan
rahmat dan karunia-Nya sehingga peneliti dapat menyelesaikan penelitian sosial
ini yang berjudul “PENGARUH SISWA YANG TERLAMBAT SEKOLAH TERHADAP PRESTASI
BELAJARNYA” dengan baik sesuai dengan apa yang diharapkan.
Penelitian sosial ini juga
merupakan salah satu kelengkapan tugas siswa-siswi kelas XI IPS MA ALMAARIF
SINGOSARI sebagai syarat nilai pada mata pelajaran bahasa Indonesia.
Dalam kesempatan ini, peneliti
mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang
memberikan dukungan dan bantuan secara moral maupun material dalam proses
penyelesaian penelitian sosial ini
Semoga hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas
kepada pembaca. Walaupun penelitian ini memiliki kelebihan dan kekurangan.
Penulis mohon untuk saran dan kritik yang membangun.
Terima kasih,
Singosari, 21
maret 2024
Penyusun
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR...................................................................... ii
DAFTAR ISI.................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN.................................................................. 1
A.
Latar Belakang......................................................................... 1
B.
Rumusan
Masalah.................................................................... 2
C.
Tujuan
Penulisan...................................................................... 3
BAB II PEMBAHASAN............................................................... 4
a. Menyesuaikan Rumusan Masalah........................................... 5
b. Menyesuaikan Rumusan Masalah........................................... 6
c. Menyesuaikan Rumusan Masalah........................................... 7
BAB III PENUTUP........................................................................... 8
a. Kesimpulan.............................................................................. 9
b. Saran...................................................................................... 10
DAFTAR
RUJUKAN..................................................................... 11
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Berbicara
tentang sistem pendidikan dengan berbagai lembaga yang menyertainya ibarat
membicarakan gelombang air laut yang tiada hentinya. Asumsi ini tidaklah
berlebihan karena banyak hal yang bisa ditinjau di dalamnya serta banyak pula
persoalan fundamental melingkupinya yang nota bene membutuhkan upaya-upaya
untuk memecahkan permasalahan pendidikan tersebut.
Anak
usia sekolah atau siswa mempunyai peran yang penting dalam pembangunan bangsa
dan negara, karena mereka merupakan generasi penerus yang diharapkan dapat
membangun dan menghasilkan karya-karya yang berguna bagi negara. Di tangan
siswa inilah bagaimana perkembangan suatu negara ditentukan. Anak-anak yang
terdidik, berdisiplin,dan berkualitas secara intelektual, mental dan spiritual
akan mampu berkompeten dalam menjalankan roda kehidupan berbangsa dan
bernegara, sehingga kelangsungan dan martabat bangsa dapat terjamin.
Kedisiplinan
pada anak usia sekolah atau siswa sangat penting diperhatikan, adanya
peraturan-peraturan yang jelas dan terarah sangat mempengaruhi anak pada masa
dewasanya nanti. Kedisiplinan pada siswa harus dilakukan, salah satunya adalah
kedisiplinan harus masuk akal dan adanya konsekuensi jika kedisiplinan
dilanggar.
Seorang
siswa dalam mengikuti kegiatan belajar di sekolah tidak akan lepas dari
berbagai peraturan dan tata tertib yang diberlakukan sekolah. Setiap siswa
dituntut untuk dapat berperilaku sesuai dengan aturan dan tata tertib yang
berlaku di sekolah. Ketika kedisiplinan dirasa sangat penting bagi siswa MA
ALMAARIF SINGOSARI, maka pihak sekolah pertama kali perlu menertibkan siswa
yang terlambat sekolah. Untuk itu, kedisiplinan adalah hal yang penting dan
merupakan ciri kepribadian seseorang untuk meraih kesuksesan. Perlu diketahui
bahwa di MA ALMAARIF SINGOSARI sudah mempunyai tata tertib yang akan
mendisiplinkan siswa yang terlambat. Peran guru dalam mendisiplinkan siswa yang
terlambat haruslah tegas dan mendidik, dengan begitu siswa diharapkan tidak
akan terlambat lagi datang ke sekolah.
Fakta
di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang sering terlambat. Dalam
aturan sekolah mengharuskan siswa datang sebelum jam 07.00 WIB, tetapi
kenyataannya masih ada siswa yang datang lewat jam tersebut. Banyaknya siswa
yang terlambat mengakibatkan kurang lancarnya proses kegiatan belajar mengajar
pada saat jam pertama pelajaran.
Keterlambatan
pada siswa tersebut bukan berarti tanpa sebab, berbagai macam alasan
diungkapkan para siswa yang sering terlambat, diantaranya adalah siswa yang
tinggal jauh dari sekolah, masalah transportasi, bangun kesiangan dan
sebagainya. Alasan-alasan seperti inilah yang sering dikemukakan siswa ketika
datang terlambat pada saat jam pelajaran pertama sudah dimulai. Namun, apapun
alasan para siswa yang datang terlambat menunjukkan tingkat kedisiplinan yang
rendah. Hal ini tidak boleh dibiarkan begitu saja sehingga pada akhirnya akan
menjadi budaya yang tidak baik pada lembaga pendidikan yang bersangkutan.
Untuk
mengatasi hal ini maka diperlukan suatu aturan yang tegas yang disertai dengan
sanksi yang dapat membuat siswa menjadi disiplin yang nantinya akan berguna
bagi ketertiban sekolah dan bagi diri siswa itu sendiri. Adapun kebijakan yang
diambil adalah dengan mengadakan suatu tindakan disiplin untuk memperbaiki
sistem atau aturan pada saat jam pelajaran dimulai. Kebijakan ini dilaksanakan
secara terpadu dengan melibatkan semua pihak yang terkait yaitu siswa, guru
piket,wali kelas, guru BP/BK dan kesiswaan.
Penelitian
ini diharapkan dapat memberikan manfaat terutama bagi siswa bahwa keterlambatan
dapat mempengaruhi kedisiplinan siswa yang pada akhirnya berpengaruh terhadap
prestasi belajar di sekolah.
Berdasarkan
uraian di atas, maka judul dalam penelitian ini adalah “DAMPAK SISWA YANG
TERLAMBAT SEKOLAH MA ALMAARIF SINGOSARI "
1.2 Rumusan
Masalah
1.
Bagaimana faktor-faktor penyebab keterlambatan siswa?
2.
Bagaimana sanksi
yang diterima oleh siswa yang sering terlambat
1.3 Tujuan
Penulisan
Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan
dari penulisan makalah ini adalah:
1. Untuk
mengetahui faktor penyebab keterlambatan siswa
2. Mengetahui
pengaruh pendidikan terhadap prestasi belajar siswa.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Faktor
keterlambatan siswa dilingkungan MA ALMAARIF SINGOSARI
Sebagian besar siswa MA ALMAARIF
SINGOSARI masih belum bisa beradaptasi
dengan jam masuk sekolah yang dimajukan 5 menit lebih awal menjadi pukul 7.05,
dari yang awalnya siswa-siswi masuk sekolah pukul 7.30 WIB
2.2 Sanksi yang diterima oleh siswa yang sering
terlambat
sanksi yang diterima siswa SMA Negeri 13
Pekanbaru yang terlambat ada bermacam-macam, mulai dari dikurung di luar
pagar, mengisi buku hukum, berdiri di
lapangan , push up , membersihkan toilet hingga menyemprotkan air ke wajah
serta ada juga yang sampai di suruh pulang untuk dipanggil orang tuanya datang
ke sekolah karena beberapa kali terlambat.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Berdasarkan
hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa tingkat kedisiplinan siswa MA
ALMAARIF SINGOSARI masih cukup rendah. Hal ini dikarenakan masih ada saja siswa
yang terlambat setiap harinya. Keterlambatan pada siswa tersebut bukan berarti
tanpa sebab, berbagai macam alasan diungkapkan para siswa yang sering terlambat,
di antaranya adalah siswa yang tinggal jauh dari sekolah, masalah transportasi,
bangun kesiangan dan sebagainya. Alasan-alasan seperti inilah yang sering
dikemukakan siswa ketika datang terlambat pada saat jam pelajaran pertama sudah
dimulai.
Berbagai
macam sanksi yang dibuat oleh sekolah untuk mengatasi siswa terlambat, mulai
dari sanksi yang ringan seperti mencabut rumput, mengambil sampah yang
bertebaran di pekarangan sekolah dan sebagainya sampai kepada pemberian sanksi
yang berat yaitu dipulangkan dan pemanggilan orang tua siswa yang terlambat.
Namun, hal tersebut belum sepenuhnya mampu untuk mengatasi siswa terlambat
meskipun frekuensi siswa terlambat semakin sedikit setiap hari.
Siswa
yang terlambat sangat besar pengaruhnya terhadap prestasi belajarnya karena
dapat mempengaruhi konsentrasi belajar yang pada akhirnya dapat mengganggu
fikiran tentang materi yang sedang dibahas atau diterangkan oleh Bapak atau Ibu
guru terutama pada mata pelajaran jam pertama
3.2 Saran
Dalam rangka
meningkatkan kedisiplinan siswa yang terlambat datang ke sekolah, ada beberapa
upaya yang mungkin bisa dilakukan diantaranya :
1 . Guru
terampil berkomunikasi yang efektif sehingga mampu menerima perasaan dan
mendorong kepatuhan siswa
2 . Guru
disarankan dapat menunjukkan secara tepat perilaku yang salah,sehingga membantu
siswa dalam mengatasinya; dan memanfaatkan akibat-akibat logis dan alami dari
perilaku yang salah
DAFTAR RUJUKAN
Zuhro. Sosiologi SMA Kelas XII. 2007.
Jakarta : penerbit Yudistira.
· Agus Sulistyo dan Adi Mulyono. 2004.
Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surakarta : Penerbit Ita.
· Nazir, Moh. 1988. Metode Penelitian.
Jakarta: Ghalia Indonesia.
· Prasetyo, Bambang. 2001. Penyusunan
Laporan Penelitian.
· Bungin, B. 2007. Penelitian
Kualitatif. Prenada Media Group: Jakarta.
· Bungin, B. 2003. Analisis Data
Penelitian Kualitatif. PT Rajagrafindo Persada: Jakarta.
· Creswell, J. W. 1998. Qualitatif
Inquiry and Research Design. Sage Publications, Inc: California.
· Nasir, Mohammad. Metode Penelitian.
Cet.3. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1988
· Sukardi. 2010. Metodologi Penelitian
Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Tidak ada komentar:
Posting Komentar