Sabtu, 16 Maret 2024

MAKALAH NAKHLAH ALICIA DAN RISKA MAULIDIYAH

 

PERAN SISWA DAN GURU DALAM  MENINGKATKAN KETERTIBAN LINGKUNGAN BELAJAR YANG PRODUKTIF DI LINGKUNGAN MA ALMAARIF SINGOSARI

 

 

 

MAKALAH

 

 

 



 

 

 

Disusun oleh Kelompok :

Nakhlah Alicia            (26)

Rizka Maulidiyah       (33)

 

 

 

 

KELAS XI IPS 2

MADRASAH ALIYAH ALMAARIF SINGOSARI

JANUARI 2024


KATA PENGANTAR

 

 

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat dan atas segala limpahan rahmat, taufik serta hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Makalah ini sesuai dengan waktu yang telah direncanakan.

Sholawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada baginda Nabi Besar Muhammad SAW beserta seluruh keluarga dan sahabatnya yang selalu eksis membantu perjuangan beliau dalam menegakkan Dinullah di muka bumi ini.

Dalam menyelesaikan tugas makalah ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak. Untuk itu penulis ingin menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :

1.     Selaku  Kepala Sekolah MA Al-Ma’arif Singosari Malang.

2.     Selaku guru mata pelajaran Bahasa Indonesia.

3.     Semua  pendidik di MA Al-Ma’arif Singosari Malang.

4.     Bapak dan Ibu serta Keluargaku tercinta  yang selalu mendo’akan dan mendukung dalam segalanya.

5.     Teman-temanku, yang selalu menjadi peyemangat, terimakasih untuk cinta dan do’a  nya.

Penulis menyadari bahwa penyusuna makalah ini masih jauh dari sempurna, sehingga penulis mengharapkan masukan dan saran yang membangun demi kesempurnaan penelitian ini.

Semoga penyusunan makalah ini dapat bermanfaat bagi semua pihak, khususnya bagi penulis dan pembaca pada umumnya, Amin

 

Singosari, 15 Maret 2024

 

 

      Penyusun

 

 

                                                                                    

                                                                                    



BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1  Latar Belakang Masalah

Tata tertib adalah sesuatu yang sangat penting untuk diterapkan. Setiap sekolah mempunyai tata tertib masing-masing untuk mendisiplinkan semua aktifitasnya yang berlangsung di sekolah. Disiplin sangat penting artinya untuk mengefisienkan proses belajar mengajar. Karena pentingnya kedisiplinan ini, setiap sekolah menetapkan aturan dan tata tertib agar murid dapat berperilaku sesuai dengan apa yang diharapkan. Peraturan tata tertib merupakan sesuatu untuk mengatur perilaku yang diharapkan terjadi pada murid.

Di dalam dua latihan pada bab ini, Anda dapat mengamati dua guru kelas dua dengangaya pengajaran yang sangat berbeda. Saat Anda mengamati pelajaran mereka, ingatlah bahwa guru yang baik akan menciptakan dukungan berupa suasana kelas-suasana psikologisumum di mana anak-anak merasa aman, nyaman, dan bersedia mengambil risiko serta membuat kesalahan yang penting bagi pembelajaran mereka. Ada tiga hal penting dalamsuasana kelas yang mendukung: 

a.     Mengkomunikasikan kepedulian dan respek kepada siswa: Guru yang efektif akan mengkomunikasikan kepedulian dan hormat kepada siswa melalui hal-hal yang merekalakukan setiap hari menyapa siswa dengan hangat di lorong sekolah, mau menjadi pendengar yang baik ketika siswa mempunyai masalah atau keluhan, dan lain-lain. Tetapi yang lebih penting, guru mengkomunikasikan kepedulian dan respek dengan persiapanmengajar yang baik, melakukan scaffolding  pada usaha siswa yang melakukan tugas yang menantang, memberikan umpan balik yang membangun pada tugas kelas, dan dengan beragam cara mendemonstrasikan keinginan untuk membantu siswa menguasai pelajaransekolah.  

b.     Menetapkan batas: Guru yang efektif juga menetapkan batas yang masuk akal dan arahan bagi perilaku siswa, dan batas tersebut diterapkan secara konsisten untuk membantu siswa bertindak sesuai aturan dan petunjuk. Idealnya, guru mengkomunikasikan rasa kekinian -sebuah perasaan yang membuat mereka sadar apa yang mereka lakukan melalui kata-kata dan tindakan mereka dan dapat mengambil tindakan yang diperlukan jika siswakeluar dari batas.

c.     Menciptakan rasa kebersamaan: Pada akhirnya, siswa harus diberikan rasa kebersamaan rasa bahwa semua anggota kelas berbagi tujuan yang sama, dan harus saling menghormati dan mendukung usaha yang lain, dan percaya bahwa semua orang memberikan kontribusi penting pada pembelajaran kelas.

 

Hal ini peniliti memiliki anggapan bahwa kedisiplinan sangatlah penting yang ditanamkan pada anak-anak, dengan adanya penanaman sikap disiplin pada anak sedini mungkin akan dapat menampakkan tingkah laku yang disiplin.  Dengan adanya sikap yang selalu disiplin baik pada diri anak didik atau pada guru, tentunya proses belajar berlangsung dikelas akan lebih berjalan lancar dan efektif sehingga akan dapat menciptakan hasil yang optimal.

Hal ini dapat di lihat di MA Al-Ma’arif Singosari. Mereka mengabaikan tanggung jawabnya sebagai pelajar yang di tunjukkan dalam sikap dan tindakan seperti: tidak mentaati peraturan sekolah, tidak mengerjakan tugas dan tidak masuk sekolah tanpa ijin pada guru.salah satu hal yang mendasari disiplin belajar murid adalah timbulnya kesadaran murid untuk mentaatai aturan ketertiban yang di berikan oleh guru.

Berdasarkan uraian di atas penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul 

Berdasarkan  uraian tersebut, perlu dibahas makalah yang berjudul  Peran Siswa dan Guru Dalam Meningkatkan Ketertiban Lingkungan Belajar Yang Produktif di MA Al-Ma’arif Singosari”

 

1.2    Rumusan Masalah

1.     Apakah Peran Siswa dan Guru Dalam Meningkatkan Ketertiban Lingkungan Belajar Yang Produktif di MA Al-Ma’arif Singosari?

2.     Apakah factor-faktor yang mempengaruhi ketertiban di lingkungan MA Almaarif Singosari?

3.     Apakah strategi untuk meningkatkan ketertiban di lingkungan MA Almaarif Singosari?

 

 

1.3  Tujuan Penulisan

Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penulisan makalah ini adalah:

1.     Peran Siswa dan Guru Dalam Meningkatkan Ketertiban Lingkungan Belajar Yang Produktif di MA Al-Ma’arif Singosari saat ini.

2.     Mendeskripsikan factor-faktor yang mempengaruhi ketertiban di lingkungan MA Almaarif Singosari saat ini.

3.    Mendeskripsikan  strategi untuk meningkatkan ketertiban di lingkungan MA Almaarif Singosari saat ini

 




        BAB II

PEMBAHASAN

 

1.1  Menciptakan Lingkungan Yang Kondusif untuk Belajar di Lingkungan MA Almaarif Singosari

Menciptakan lingkungan yang kondusif secara umum, pengelolaan kelas (class management) berarti membangun dan memelihara lingkungan kelas yang  kondusif bagi pembelajaran dan prestasi siswa. Siswa dapat belajar lebih banyak di beberapa lingkungan kelas dibandingkan lingkungan kelas lainnya. Pengelolaan kelas yang efektif tidak terlalu berkaitan dengan tingkat aktifitas atau keributan. Kelas yang diatur dengan baik adalah kelas dimana siswanya selalu terlibat dalam aktivitas belajar yang produktif dan perilaku mereka jarang mengganggu tercapainya tujuan pengajaran (Brophy, 2006; W. Doyle, 1990; Emmer&Everston, 1981).

a.     Mengatur kelas.

b.     Membangun dan memepertahankan hubungan Guru dan Siswa yang produktif.

2.2 Menyikapi Perilaku yang Tidak Sesuai di Lingkungan MA Almaarif Singosari

Sekalipun para guru sudah merencanakan dan meyusun kelas supaya lebih efektif dan produktif. Terkadang bahkan mungkin selalu akan terjadi yang namanya misbehaviors. Adalah tindakan apapun yang mengganggu pembelajaran dan aktivitas dikelas yang sudah direncanakan, misalnya tindakan berbicara tidak sesuai dengan gilirannya, berkelahi dalam kelas, mengganggu teman yang fokus belajar dan tindakan-tindakan apapun yang dapat mengganggu jalannya kegiatan belajar dan pembelajaran dalam kelas.

Siswa-siswa yang semacam ini akan menjadi tantangan besar bagi seorang guru. Akan tetapi tidak lantas bagi seorang guru untuk menyerah dan tidak peduli terhadap mereka. Oleh karena itu, guru harus mempersiapkan atau merencanakan bagaimana menyikapi tindakan-tindakan misbehaviors tersebut dan membawa mereka ke arah yang lebih baik dan produktif. Dalam hal ini ada beberapa strategi yang dapat dilakukan oleh guru untuk menyikapi perilaku kontra produktif tersebut.

a.     Mengabaikan perilaku.

b.     Memberi isyarat kepada siswa dalam beberapa keadaan.

c.     Membahas masalah secara pribadi dengan siswa

Berbicara secara pribadi dengan siswa sangatlah membantu untuk menyelesaikan beberapa masalah. Hal ini dilakukan ketika pengabaian masalah dan pemberian isyarat tidak tidak memeberikan perubahan terhadap perilaku yang tidak sesuai. Berbicara secara pribadi lebih baik dilakukan dari pada menegur langsung didalam kelas.

d.     Mengajarkan strategi

Mengajarkan bagaimana caranya untuk mengatur strategi diri pada siswa yang bertindak tiak sesuai sangat penting. Terlebih siswa tersebut menyadari kesalahan-kesalahannya dan siap untuk berubah.

e.     Bekerja sama dengan orang tua

Dalam beberapa kasus yang kronis, bekerjasama dengan orang tua wali siswa sangat diperlukan, karena mungkin saja orang tua tidak mengetahui perilaku yang tidak sesuai dari anaknya ketika ada di lingkungan sekolah.

Siswa biasanya tidak hanya melakukan aktivitasnya disekolah, akan tetapi melakukan kontak dengan lingkungan lain seperti organisasinya, masyarakat. Layanan sosial, atau yang lainnya. Pemahaman mengenai linkungan-lingkungan tersebut.

 


BAB III

PENUTUP

 

3.1  Kesimpulan

Untuk menciptakan lingkungan belajar yang produktif, maka guru harus melakukan beberapa hal dibawa ini:

-       Mengatur kelas, membangun dan mempertahankan hubungan guru-siswa yang produktif.

-       Menyikapi perilaku yang tidak sesuai yaitu dengan mengabaikan prilaku, memberi isyarat kepada siswa, membahas masalah secara pribadi dengan siswa dan berunding dengan orang tua.

3.2  Saran

Berdasarkan simpulan di atas, ketertiban belajar yang produktif masih perlu menciptakan strategi-strategi yang baru agar ketertiban didalam lingkungan kelas kedepannya murid semakin meningkat dalam hal belajar yang produktif.

 

 

 

 

 


DAFTAR RUJUKAN

Ormod. Jeanne Ellis.2008. Psikologi Pendidikan: Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang (Edisi keenam). Jakarta:Penerbit Erlangga

Departemen Pendidikan Nasional. 2021. Pendidikan Lingkungan. Jakarta: Balai Pustaka.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RESENSI AFIQ HUSNATU ZAHRA

 RESENSI NOVEL  Judul laut bercerita  Penulis:Kelas.chudori  “Laut Bercerita” adalah sebuah novel karya Leila S. Chudori yang diterbitkan p...