STRATEGI EFEKTIF DALAM MEMPERTAHANKAN KEBERSIHAN KELAS DAN MENINGKATKAN
KEDISIPLINAN SISWA MA ALMAARIF SINGOSARI
MAKALAH
Disusun oleh :
Nayshilla
Bilqis A. (28)
KELAS XI IPS 1
MADRASAH
ALIYAH ALMAARIF SINGOSARI
MARET 2024
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan
hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “ strategi
efektif dalam mempertahankan kebersihan kelas dan meningkatkan kedisiplinan
siswa ” dengan baik. Makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata
pelajaran Bahasa Indonesia.
Makalah
ini bertujuan untuk mengkaji strategi efektif dalam mempertahankan kebersihan
kelas dan meningkatkan kedisiplinan siswa, serta memberikan solusi untuk
mempertahankan kebersihan kelas dan meningkatkan kedisiplinan siswa. Kami
berharap makalah ini dapat memberikan informasi dan wawasan yang bermanfaat
bagi pembaca, khususnya para guru, siswa, dan orang tua.
Dalam
penyusunan makalah ini, kami tidak lepas dari bantuan dan dukungan berbagai
pihak. Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya
kepada:
A. Indra
Nurdianto, M.Pd. selaku guru pembimbing tugas makalah Bahasa Indonesia.
B.
Keluarga dan teman-teman yang mendukung proses penelitian makalah ini.
Kami sangat mengharapkan kritik dan
saran yang konstruktif dari pembaca demi penyempurnaan makalah ini di masa yang
akan datang. Akhir kata, semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kami sebagai
penulis dan bagi pembaca pada umumnya.
Singosari, 1 Januari 2024
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR...................................................................... ii
DAFTAR ISI.................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN.................................................................. 1
A.
Latar Belakang......................................................................... 1
B.
Rumusan
Masalah.................................................................... 2
C.
Tujuan
Penulisan...................................................................... 3
BAB II PEMBAHASAN.................................................................. 4
a. Metode mempertahankan kebersihan dan
kedisiplinan........... 5
b. Menentukan solusi masalah kebersihan dan kedisiplinan....... 6
BAB III PENUTU............................................................................. 8
a. Kesimpulan.............................................................................. 9
b. Saran...................................................................................... 10
DAFTAR
RUJUKAN..................................................................... 11
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Disiplin
merupakan tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh dan juga menumbuhkan
sikap disiplin siswa tentu membutuhkan strategi guru dalam mengimplementasikan
dalam proses pembelajaran Salah satu strategi guru dalam menumbuhkan disiplin
adalah dengan cara pengelolaan kelas yang efektif. Hal ini dijelaskan oleh
Narwanti (2013: 75-76) bahwa salah satu strategi guru sebagai pendidik adalah
sebagai pengelola dalam kegiatan pembelajaran kelas.
Guru
juga menghimbau siswa untuk menyimpan alat-alat sekolah setelah
digunakan, misalkan menyimpannya kembali di
tasnya masing masing. Peralatan pembelajaran harus disimpan apabila tidak
digunakan lagi untuk menciptakan lingkungan kelas yang rapi. Hal ini sesuai
dengan pendapat Gunawan (2019:128). Dalam proses belajar mengajar atau melakukan
kegiatan praktikum serta olah raga dibutuhkan beberapa peralatan yang digunakan
untuk kegiatan tersebut.
Guru
kelas juga selalu meminta siswa untuk tidk membuang sampah di laci meja. Hal
ini sesuai dengan Djabidi (2016:117) yang menjelaskan perlunya menjaga
kebersihan karena mutlak harus dijaga dan dipelihara warga kelas.
Disiplin dapat diartikan sebagai sesuatu yang
mendorong kita untuk melakukan perbuatan sesuai dengan aturan yang ada (Armaini
et al., 2022; I
riansyah et al., 2022); Supiana et
al., 2019).
Pembentukan
disiplin pada siswa, dimaksudkan agar kelak mereka mampu mengatur segala
kegiatannya dan berperilaku sesuai dengan norma-norma yang ditetapkan oleh
kelompok atau masyarakat di mana siswa tinggal, termasuk lingkungan sekolah dan
lingkungan masyarakat
(Magfiroh et al.,2019;Harni&Tarjiah,
2018)
Kedisiplinan akan terwujud jika kinerja
guru dalam hal pengajarannya sesuai dengan standar yang berlaku di sekolah,
sehingga dapat menjadi pedoman siswa. Hal ini sejalan dengan pendapatnya
(Nurberlian et al., 2021; Suprihatiningrum et al., 2021) bahwa guru harus mampu
menanamkan nilai-nilai kedisiplinan bagi siswa, terutama kedisiplinan bagi
dirinya sendiri dan menghilangkan kebiasaan siswa dari tindakan yang
menimbulkan masalah tentang kedisiplinan.
Disiplin dapat diartikan sebagai sesuatu
yang mendorong kita untuk melakukan perbuatan sesuai dengan aturan yang ada
(Armaini et al., 2022; Iriansyah et al., 2022); Supiana et al., 2019).
1.2 Rumusan
Masalah
1.
Faktor apa saja yang mempengaruhi dalam
mempertahankan kebersihan kelas dan meningkatkan kedisiplinan siswa MA Almaarif
singosari?
2.
Bagaimana solusi yang tepat untuk mengatasi
masalah mempertahankan kebersihan kelas dan meningkatkan kedisiplinan siswa MA
Almaarif singosari?
1.3 Tujuan Penulisan
Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari
penulisan makalah ini adalah:
1. Mengetahui faktor yang mempengaruhi dalam mempertahankan
kebersihan kelas dan meningkatkan kedisiplinan siswa MA Almaarif
Singosari saat ini.
2. Mengetahui solusi yang tepat untuk mengatasi masalah
mempertahankan kebersihan kelas dan meningkatkan kedisiplinan siswa MA Almaarif
Singosari.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Faktor yang mempengaruhi dalam mempertahankan
kebersihan kelas dan meningkatkan kedisiplinan siswa MA Almaarif Singosari
Beberapa
faktor yang mempengaruhi dalam mempertahankan keberhasilan kelas dan
meningkatkan kedisiplinan siswa antara lain: 1. Kualitas guru dalam mengajar
dan mendidik. 2. Ketersediaan dan kualitas fasilitas belajar. 3. Kebijakan dan
manajemen sekolah. 4. Dukungan dan keterlibatan orang tua dalam proses belajar
anak. 5. Kesadaran dan motivasi siswa dalam belajar.
1. Kualitas
guru dalam mengajar dan mendidik sangat penting dalam mempertahankan
keberhasilan kelas. Guru yang baik akan mampu menyampaikan materi dengan jelas
dan menarik, serta mampu membangun hubungan yang baik dengan siswa.
2. Ketersediaan dan kualitas fasilitas belajar juga
mempengaruhi keberhasilan kelas. Fasilitas yang memadai dan berkualitas akan
mendukung proses belajar mengajar.
3. Kebijakan dan manajemen sekolah yang baik akan
mendukung proses belajar mengajar dan meningkatkan kedisiplinan siswa.
4. Dukungan dan keterlibatan orang tua dalam proses
belajar anak sangat penting. Orang tua yang terlibat aktif dalam proses belajar
anak akan meningkatkan motivasi dan kedisiplinan anak.
5. Kesadaran dan motivasi siswa dalam belajar juga
sangat penting. Siswa yang memiliki motivasi tinggi akan lebih disiplin dan
berprestasi.
2.2
Bagaimana solusi yang tepat untuk mengatasi masalah mempertahankan
kebersihan kelas dan meningkatkan kedisiplinan siswa MA Almaarif Singosari
Banyak cara untuk mengatasi masalah tersebut seperti
:
1. Membuat jadwal piket kelas yang jelas dan adil.
2. Mengadakan rapat kelas secara rutin untuk
membahas masalah kebersihan dan kedisiplinan.
3. Memberikan sanksi yang tegas bagi siswa yang
melanggar aturan.
4. Melibatkan orang tua dalam proses pendidikan
kedisiplinan.
5. Mengadakan kegiatan yang mengajarkan nilai-nilai
kebersihan dan kedisiplinan.
1. Jadwal
piket kelas yang jelas dan adil akan memastikan setiap siswa memiliki
kesempatan yang sama untuk berkontribusi dalam menjaga kebersihan kelas.
2. Rapat kelas adalah forum yang efektif untuk
membahas masalah dan mencari solusi bersama.
3. Sanksi yang tegas akan meningkatkan kesadaran
siswa untuk mematuhi aturan.
4. Orang tua memiliki peran penting dalam mendukung
pendidikan kedisiplinan anak mereka di rumah.
5. Kegiatan yang mengajarkan nilai-nilai kebersihan
dan kedisiplinan, seperti lomba kebersihan kelas atau kegiatan lainnya, dapat
meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya menjaga kebersihan dan
kedisiplinan.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Secara ini, dapat kami simpulkan bahwa disiplin merupakan tindakan yang
menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai peraturan atau ketentuan
yang telah ditetapkan di MA ALMAARIF SINGOSARI sikap disiplin ini ditumbuhkan
dengan tujuan agar siswa terbiasa mengatur dirinya sendiri.
3.2 Saran
Berdasarkan simpulan di atas, kami menyarakan bahwa
setiap siswa agar disiplin mengenai tata tertib dan disiplin waktu, kami juga menyarakan
bahwa dewan guru juga harus adil dalam memberikan sanksi kepada muridnya.
DAFTAR RUJUKAN
Narwanti
(2013: 75-76) bahwa salah satu strategi guru sebagai pendidik adalah sebagai
pengelola dalam kegiatan pembelajaran kelas
Tim
Dosen Administrasi Pendidikan UPI, 2009 Uraian tersebut juga sesuai dengan
pendapat Rofiq (2009: 14),
Gunawan
(2019: 128).
Djabidi
(2016:117)
https://core.ac.uk/download/pdf/327233749.pdf
Armaini et al., 2022; Iriansyah
et al., 2022); Supiana et al., 2019
Magfiroh et
al.,2019;Harni&Tarjiah, 2018
Irsan & Syamsurijal, 2020;
Subiarto & Wakhudin, 2021
Nurberlian et al., 2021;
Suprihatiningrum et al., 2021
Armaini et al., 2022; Iriansyah
et al., 2022); Supiana et al., 2019
Tidak ada komentar:
Posting Komentar