Rabu, 27 Maret 2024

MAKALAH PUTRI AFIFAH

 

PENGARUH SARANA PRASARANA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DI MA ALMAARIF SINGOSARI

 

MAKALAH

 

 

 



 

 

 

 

 

Disusun oleh:

Putri Afifah     (31)

 

 

 

 

 

 

KELAS XI IPS 2

MADRASAH ALIYAH ALMAARIF SINGOSARI

MARET 2024






KATA PENGANTAR

 

Puji syukur kami haturkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Pengaruh Sarana dan Prasarana Terhadap Proses Pembelajaran Siswa Di Madrasah Aliyah Almaarif Singosari”.

            Tidak lupa juga kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah turut memberikan kontribusi dalam penyusunan karya ilmiah ini, tentunya, tidak akan bisa maksimal jika tidak mendapat dukungan dari berbagai pihak. Diantaranya:

A.    Indra Nurdianto, M.Pd. selaku guru pembimbing

B.    Teman – teman saya yang telah membantu dan mendukung proses penelitian makalah ini.

Sebagai penyusun, kami menyadari bahwa masih terdapat banyak kesalahan , baik dari penyusunan maupun tata bahasa penyampaian dalam karya ilmiah ini. Oleh karena itu, kami dengan rendah hati menerima saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki karya ilmiah ini.kami berharap semoga karya ilmiah yang kami susun ini memberikan manfaat dan juga inspirasi untuk pembaca

Singosari, 27 Maret 2024

 

 

 

Penyusun







BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1  Latar Belakang Masalah

Sarana dan prasarana merupakan hal yang sangat penting dalam menunjang kelancaran atau kemudahan dalam proses pembelajaran, berkaitan dengan mebutuhkannya sarana dan prasarana juga pemanfaatannya yang baikdari segi intensitas maupan kreatifitas dalam penggunaannya oleh guru maupun siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Sarana Pendidikan adalah semua fasilitas yang diperlukan dalam proses belajar mengajar dengan tujuan agar Pendidikan dapat berjalan dengan lancer, teratur, efektif fan efisien.1

Dalam perkembangan dunia Pendidikan, baik formal maupun non formal berusaha memberikan dan melengkapi fasilitas yang ada pada lembaganya guna memenuhi kebutuhan seluruh warga sekolah baik guru, staf-staf, peserta didik maupun orang tua didik. Dikatakan suatu Lembaga itu maju apabila ketersediaannya sarana dan prasarana yang memadai. Proses belajar mengajar akan meningkat dengan didukung adanya saran dan prasarana yang memadai.

            Sarana Pendidikan merupakan sarana penunjang bagi proses belajar mengajar.2 Hal ini merupakan faktor yang harus diperhatikan oleh sebuah Lembaga karena mempengaruhi kelangsungan belajar mengajar disekolah.

Kegiatan belajar mengajar merupakan kegiatan yang paling pokok di Lembaga Pendidikan, ini berarti berhasil atau tidaknya pencapaian tujuan pembelajaran tergnatung pada proses belajar yang dialami siswa.

Salah satu yang mempengaruhi peningkatan prestasi belajar siswa adalah sarana dan prasarana yang lengkap disekolah tersebuat. Sarana Pendidikan adalah perlengkapan yang digunakan dalam proses Pendidikan, misalnya meja, kursi, dan media pembelajaran. Disisi lain, prasarana Pendidikan adalah fasilitas pendukung yang berperan penting dalam menunjang proses kegiatan belajar disekolah. Sarana dan prasarana adalah salah satu sumber daya yang sangat penting dalam menunjang proses kegiatan belajar disekolah. Keberhasilan suatu program Pendidikan di sekolah sangat dipengaruhi oleh kondisi dari sarana dan prasarana Pendidikan yang dimiliki sekolah, serta optimilisasi pengelolahan dan pemanfaatan dari sarana dan prasarana tersebut.

Sarana dan prasraana sekolah harus memenuhi standar minimum dalam hal ini dapat dilihat dari PERMENDIKNAS No.24 tahun 2007 pasal 1 menyebutkan bahwa standar sarana prasarana untuk sekolah dasar/ madrasah ibtidaiyah (SD/MI), sekolah menengah pertama/ madrasah tsanawiyah (SMP/MTS), sekolah menengah atas/ Madrasah Aliyah (SMA/MA) mencakup kriteria minimum sarana dan kriteria prasarana. Kriteria minimum yang harus dimiliki meliputi: ruang kelas, ruang perpustakaan, ruang laboratorium biologi, ruang laboratorium fisika, ruang laboratorium kimia, ruang computer, ruang laboratorium Bahasa, ruang pimpinan, ruang guru, ruang tata usaha, tempat ibadah, ruang konseling, ruang UKS, ruang organisasi kesiswaan, kamar mandi, Gudang, tempat olahraga.

Proses Pendidikan memang memerlukan fasilitas atau peralatan, akan tetapi semua peralatan atau fasilitas harus diadakan sesuai dengan kebutuhan. Jika semua peralatan dan fasilitas sudah ada harus dimanfaatkan dan dikelola secara baik dan benar. Kegiatan pengelolahan meliputi: perencanaan, pengadaan, pengawasan, penyimpanan, inventarisasi, dan penghapusan serta penataan.3

Oleh karena itu agar sarana dan prasarana dapat memberikan kontribusi yang optimal dalam meningkatkan prestasi peserta didik, sekolah harus berusaha menyediakan dan melengkapi sarana dan prasarananya. Bila suatu sekolah kurang memperhatikan fasilitas atau sarana dan prasarana Pendidikan, maka peserta didik kurang bersemangat dan kesusahan menjalani prose pembelajaran. Hal ini mengakibatkan rendahnya prestasi dan kemalasan. Kelengkapan sarana dan prasarana sebagai salah satu cara penunjang keberhasilan Pendidikan, seringkali menjadi kendala proses penyelenggaraan Pendidikan di sekolah.

Madrasah Aliyah Almaarif merupakan salah satu Lembaga Pendidikan swasta yang didirikan oleh Yayasan Pendidikan Almaarif Singosari. Madrasah Aliyah ini sudah dikatakan baikdalam segi sarana dan prasarana yang dimiliki. Hal ini dapat dilihat dari lingkungan madrasah. Mulai dari Pusat Pembelajaran, Perpustakaan, Laboratorium IPA, Laboratorium Komputer, Kolam Ikan, Halaman Sekolah, Gazebo, Sarana Ekstrakurikuler, Kantin, Koperasi, UKS, Gallery Room, Ruang Kelas, Toilet, dan prasarana lainnya. Dari semua yang ada pada Madrasah Aliyah Almaarif ini dapat menunjang prestasi belajar peserta didiknya atau tidak.

Saya memilih Madrasah Aliyah Almaarif Singosari sebagai objek penelitian saya karena madrasah ini karena sarana prasarana yang sudah bisa dikatakan baik. Namun ternyata ada beberapa siswa yang masih kebingungan dan kesulitan mengerjakan tugas dari guru dikarenakan siswa tersebut berdomisilikan di pondok pesantren sehingga kesusahan mengakses alat elektronik seperti HP dan laptop. Ini mengakibatkan pembelajaran yang tidak maksimal , selain itu juga sarana prasarana ekstrakurikuler yang kurang dan sebagian siswa belum bisa memanfaatkan sarana prasarana yang ada.

Oleh karena itu, diperlukan sarana dan prasarana yang baik, karena apabila sarana dan prasarana tidak baik akan mempengaruhi proses belajar mengajar di kelas. Berdasarkan latar belakang di atas, maka saya akan mengadakan penelitian seberapa berpengaruh sarana dan prasarana dalam proses belajar dan mengajar di Madrasah Aliyah Almaarif Singosari.

 

 

1.2    Rumusan Masalah

1.     Bagaimana Pengaruh Sarana pada proses pembelajaran di MA Amaarif Singosari?

2.     Bagaimana pengaruh prasarana pada proses pembelajaran di MA Almaarif Singosari?

 

1.3  Tujuan Penulisan

Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penulisan makalah ini adalah:

1.     Mendeskripsikan dan menganilisis pengaruh sarana dalam proses pembelajaran di MA Almaarif Singosari saat ini.

2.     Mendeskripsikan dan menganilisis pengaruh prasarana dalam proses pembelajaran di MA Almaarif Singosari.







BAB II

PEMBAHASAN

 

2.1  Kondisi Sarana dan Prasarana di MA Almaarif Singosari

Madrasah Aliyah ini sudah dikatakan baik dalam segi sarana dan prasarana yang dimiliki. Hal ini dapat dilihat dari lingkungan madrasah. Mulai dari Pusat Pembelajaran, Perpustakaan, Laboratorium IPA, Laboratorium Komputer, Kolam Ikan, Halaman Sekolah, Gazebo, Sarana Ekstrakurikuler, Kantin, Koperasi, UKS, Gallery Room, Ruang Kelas, Toilet, dan prasarana lainnya. Tapi masih banyak

 

2.2  Kondisi Siswa dalam Pembelajaran di Madrasah Aliyah Almaarif Singosari guna Memanfaatkan Sarana dan Prasarana

Dalam proses pembelajaran banyak yang bisa dilakukan dalam memanfaatkan sarana dan prasarana di Madrasah Aliyah ini. Tetapi tidak semua siswa dan menggunakan fasilitas tersebut. Dan banyak siswa yang masih kesulitan mengerjakan tugas dikarenakan berdomisilikan di Pondok Pesantren.

         

 

         

 

 

 

 

 

 

   


BAB III

PENUTUP

 

3.1  Kesimpulan

Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa sarana dan prasarana di Madrah Aliyah Almaarif sudah baik, tetapi banyak sekali siswa yang belum bisa memanfaatkannya

 

3.2  Saran

Berdasarkan simpulan di atas, sebaiknya Madrasah dapat menyediakan media untuk siswa yang berdomisili Pesantren agar bisa melaksanakan tugas dengan baik

 

 

 

 

 


DAFTAR RUJUKAN

 

Suharsimi Arikunto dan Lia Yuliana Manajemen Pendidikan, (Aditya Media bekerjasama dengan FIP dan UNY: Yogyakarta, 2008), Hlm:273

Suharsimi Arikunto dan Lia Yuliana Manajemen Pendidikan, (Aditya Media bekerjasama dengan FIP dan UNY: Yogyakarta, 2008), Hlm:272

Ibrahim Bafadal, Seri Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Bebasis Sekola Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya, (Jakarta : PT Bumi Akasara,2003). Him 1

 

 

 



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RESENSI AFIQ HUSNATU ZAHRA

 RESENSI NOVEL  Judul laut bercerita  Penulis:Kelas.chudori  “Laut Bercerita” adalah sebuah novel karya Leila S. Chudori yang diterbitkan p...