PENGARUH SARANA PRASARANA TERHADAP
PROSES PEMBELAJARAN DI MA ALMAARIF SINGOSARI
MAKALAH
Disusun oleh:
Putri Afifah (31)
KELAS XI IPS 2
MADRASAH
ALIYAH ALMAARIF SINGOSARI
MARET
2024
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami haturkan
kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami
dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Pengaruh Sarana dan Prasarana
Terhadap Proses Pembelajaran Siswa Di Madrasah Aliyah Almaarif Singosari”.
Tidak lupa juga kami mengucapkan terimakasih kepada semua
pihak yang telah turut memberikan kontribusi dalam penyusunan karya ilmiah ini,
tentunya, tidak akan bisa maksimal jika tidak mendapat dukungan dari berbagai
pihak. Diantaranya:
A.
Indra
Nurdianto, M.Pd. selaku guru pembimbing
B.
Teman
– teman saya yang telah membantu dan mendukung proses penelitian makalah ini.
Sebagai penyusun, kami
menyadari bahwa masih terdapat banyak kesalahan , baik dari penyusunan maupun
tata bahasa penyampaian dalam karya ilmiah ini. Oleh karena itu, kami dengan
rendah hati menerima saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki
karya ilmiah ini.kami berharap semoga karya ilmiah yang kami susun ini
memberikan manfaat dan juga inspirasi untuk pembaca
Singosari, 27 Maret 2024
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR...................................................................... ii
DAFTAR ISI.................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN.................................................................. 1
A.
Latar Belakang......................................................................... 2
B.
Rumusan
Masalah.................................................................... 3
C.
Tujuan
Penulisan...................................................................... 4
BAB II PEMBAHASAN............................................................... 5
a. Kondisi Sarana dan Prasarana di MA
Almaarif Singosari....................................6
BAB III PENUTUP........................................................................... 8
a. Kesimpulan.............................................................................. 9
b. Saran...................................................................................... 10
DAFTAR
RUJUKAN..................................................................... 11
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah
Sarana
dan prasarana merupakan hal yang sangat penting dalam menunjang kelancaran atau
kemudahan dalam proses pembelajaran, berkaitan dengan mebutuhkannya sarana dan
prasarana juga pemanfaatannya yang baikdari segi intensitas maupan kreatifitas
dalam penggunaannya oleh guru maupun siswa dalam kegiatan belajar mengajar.
Sarana Pendidikan adalah semua fasilitas yang diperlukan dalam proses belajar
mengajar dengan tujuan agar Pendidikan dapat berjalan dengan lancer, teratur,
efektif fan efisien.1
Dalam
perkembangan dunia Pendidikan, baik formal maupun non formal berusaha
memberikan dan melengkapi fasilitas yang ada pada lembaganya guna memenuhi
kebutuhan seluruh warga sekolah baik guru, staf-staf, peserta didik maupun
orang tua didik. Dikatakan suatu Lembaga itu maju apabila ketersediaannya
sarana dan prasarana yang memadai. Proses belajar mengajar akan meningkat
dengan didukung adanya saran dan prasarana yang memadai.
Sarana Pendidikan merupakan sarana
penunjang bagi proses belajar mengajar.2 Hal ini merupakan faktor yang harus
diperhatikan oleh sebuah Lembaga karena mempengaruhi kelangsungan belajar
mengajar disekolah.
Kegiatan
belajar mengajar merupakan kegiatan yang paling pokok di Lembaga Pendidikan,
ini berarti berhasil atau tidaknya pencapaian tujuan pembelajaran tergnatung
pada proses belajar yang dialami siswa.
Salah
satu yang mempengaruhi peningkatan prestasi belajar siswa adalah sarana dan
prasarana yang lengkap disekolah tersebuat. Sarana Pendidikan adalah
perlengkapan yang digunakan dalam proses Pendidikan, misalnya meja, kursi, dan
media pembelajaran. Disisi lain, prasarana Pendidikan adalah fasilitas
pendukung yang berperan penting dalam menunjang proses kegiatan belajar
disekolah. Sarana dan prasarana adalah salah satu sumber daya yang sangat
penting dalam menunjang proses kegiatan belajar disekolah. Keberhasilan suatu
program Pendidikan di sekolah sangat dipengaruhi oleh kondisi dari sarana dan
prasarana Pendidikan yang dimiliki sekolah, serta optimilisasi pengelolahan dan
pemanfaatan dari sarana dan prasarana tersebut.
Sarana
dan prasraana sekolah harus memenuhi standar minimum dalam hal ini dapat
dilihat dari PERMENDIKNAS No.24 tahun 2007 pasal 1 menyebutkan bahwa standar
sarana prasarana untuk sekolah dasar/ madrasah ibtidaiyah (SD/MI), sekolah
menengah pertama/ madrasah tsanawiyah (SMP/MTS), sekolah menengah atas/
Madrasah Aliyah (SMA/MA) mencakup kriteria minimum sarana dan kriteria
prasarana. Kriteria minimum yang harus dimiliki meliputi: ruang kelas, ruang
perpustakaan, ruang laboratorium biologi, ruang laboratorium fisika, ruang
laboratorium kimia, ruang computer, ruang laboratorium Bahasa, ruang pimpinan,
ruang guru, ruang tata usaha, tempat ibadah, ruang konseling, ruang UKS, ruang
organisasi kesiswaan, kamar mandi, Gudang, tempat olahraga.
Proses
Pendidikan memang memerlukan fasilitas atau peralatan, akan tetapi semua
peralatan atau fasilitas harus diadakan sesuai dengan kebutuhan. Jika semua
peralatan dan fasilitas sudah ada harus dimanfaatkan dan dikelola secara baik
dan benar. Kegiatan pengelolahan meliputi: perencanaan, pengadaan, pengawasan,
penyimpanan, inventarisasi, dan penghapusan serta penataan.3
Oleh
karena itu agar sarana dan prasarana dapat memberikan kontribusi yang optimal
dalam meningkatkan prestasi peserta didik, sekolah harus berusaha menyediakan
dan melengkapi sarana dan prasarananya. Bila suatu sekolah kurang memperhatikan
fasilitas atau sarana dan prasarana Pendidikan, maka peserta didik kurang
bersemangat dan kesusahan menjalani prose pembelajaran. Hal ini mengakibatkan
rendahnya prestasi dan kemalasan. Kelengkapan sarana dan prasarana sebagai
salah satu cara penunjang keberhasilan Pendidikan, seringkali menjadi kendala
proses penyelenggaraan Pendidikan di sekolah.
Madrasah
Aliyah Almaarif merupakan salah satu Lembaga Pendidikan swasta yang didirikan
oleh Yayasan Pendidikan Almaarif Singosari. Madrasah Aliyah ini sudah dikatakan
baikdalam segi sarana dan prasarana yang dimiliki. Hal ini dapat dilihat dari
lingkungan madrasah. Mulai dari Pusat Pembelajaran, Perpustakaan, Laboratorium
IPA, Laboratorium Komputer, Kolam Ikan, Halaman Sekolah, Gazebo, Sarana
Ekstrakurikuler, Kantin, Koperasi, UKS, Gallery Room, Ruang Kelas, Toilet, dan
prasarana lainnya. Dari semua yang ada pada Madrasah Aliyah Almaarif ini dapat
menunjang prestasi belajar peserta didiknya atau tidak.
Saya
memilih Madrasah Aliyah Almaarif Singosari sebagai objek penelitian saya karena
madrasah ini karena sarana prasarana yang sudah bisa dikatakan baik. Namun
ternyata ada beberapa siswa yang masih kebingungan dan kesulitan mengerjakan
tugas dari guru dikarenakan siswa tersebut berdomisilikan di pondok pesantren
sehingga kesusahan mengakses alat elektronik seperti HP dan laptop. Ini
mengakibatkan pembelajaran yang tidak maksimal , selain itu juga sarana
prasarana ekstrakurikuler yang kurang dan sebagian siswa belum bisa
memanfaatkan sarana prasarana yang ada.
Oleh
karena itu, diperlukan sarana dan prasarana yang baik, karena apabila sarana
dan prasarana tidak baik akan mempengaruhi proses belajar mengajar di kelas.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka saya akan mengadakan penelitian
seberapa berpengaruh sarana dan prasarana dalam proses belajar dan mengajar di
Madrasah Aliyah Almaarif Singosari.
1.2 Rumusan
Masalah
1.
Bagaimana Pengaruh Sarana pada proses
pembelajaran di MA Amaarif Singosari?
2.
Bagaimana pengaruh
prasarana pada proses pembelajaran di MA Almaarif Singosari?
1.3 Tujuan
Penulisan
Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari
penulisan makalah ini adalah:
1. Mendeskripsikan dan menganilisis pengaruh sarana dalam
proses pembelajaran di MA Almaarif Singosari saat
ini.
2. Mendeskripsikan dan menganilisis pengaruh prasarana dalam
proses pembelajaran di MA Almaarif Singosari.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Kondisi Sarana
dan Prasarana di MA Almaarif Singosari
Madrasah
Aliyah ini sudah dikatakan baik dalam segi sarana dan prasarana yang dimiliki.
Hal ini dapat dilihat dari lingkungan madrasah. Mulai dari Pusat Pembelajaran,
Perpustakaan, Laboratorium IPA, Laboratorium Komputer, Kolam Ikan, Halaman
Sekolah, Gazebo, Sarana Ekstrakurikuler, Kantin, Koperasi, UKS, Gallery Room,
Ruang Kelas, Toilet, dan prasarana lainnya. Tapi masih banyak
2.2
Kondisi Siswa dalam
Pembelajaran di Madrasah Aliyah Almaarif Singosari guna Memanfaatkan Sarana dan
Prasarana
Dalam proses pembelajaran banyak yang bisa dilakukan
dalam memanfaatkan sarana dan prasarana di Madrasah Aliyah ini. Tetapi tidak
semua siswa dan menggunakan fasilitas tersebut. Dan banyak siswa yang masih
kesulitan mengerjakan tugas dikarenakan berdomisilikan di Pondok Pesantren.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa sarana dan prasarana di Madrah
Aliyah Almaarif sudah baik, tetapi banyak sekali siswa yang belum bisa
memanfaatkannya
3.2 Saran
Berdasarkan simpulan di atas, sebaiknya Madrasah dapat
menyediakan media untuk siswa yang berdomisili Pesantren agar bisa melaksanakan
tugas dengan baik
DAFTAR RUJUKAN
Suharsimi
Arikunto dan Lia Yuliana Manajemen Pendidikan, (Aditya Media bekerjasama dengan
FIP dan UNY: Yogyakarta, 2008), Hlm:273
Suharsimi
Arikunto dan Lia Yuliana Manajemen Pendidikan, (Aditya Media bekerjasama dengan
FIP dan UNY: Yogyakarta, 2008), Hlm:272
Ibrahim Bafadal,
Seri Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Bebasis Sekola Manajemen
Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya, (Jakarta : PT Bumi Akasara,2003).
Him 1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar